Tekad PLN Tingkatkan Aksesibilitas Listrikdi Seluruh Pelosok

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
15 December 2021 16:37
Dirut PLN Darmawan Prasodjo dalam acara penghargaan CNBC Indonesia Award 2021 dengan tema

Jakarta, CNBC Indonesia - PT PLN (Persero) menyiapkan strategi untuk meningkatkan bauran Energi Baru dan Terbarukan (EBT) dari 12,56%, menjadi 23% di 2025. Untuk itu, PLN menitikberatkan pada pengembangan pembangkit pada daerah yang selama ini mengalami defisit, dan daerah yang sangat bergantung pada BBM impor sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

Melalui strategi ini, PLN bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas listrik di pelosok negeri serta membantu negara untuk tidak bergantung pada impor migas yang membuat neraca dagang serta transaksi berjalan tekor, yang memicu depresiasi nilai tukar rupiah.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan dengan adanya listrik di seluruh nusantara, maka sumber daya alam dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat, dan membangun bangsa.


"Kami akan menerangi seluruh negeri, masih ada daerah daerah terpencil yang belum terang kita akan berjuan all out agar semua di semua seluruh pelosok bisa terang demi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar Darmawan di sela CNBC Indonesia pada ajang CNBC Indonesia Awards 2021, Selasa (14/12/2021) di Jakarta.

Sebagai informasi, meraih penghargaan The Best State Owned Enterprise in Nation Building. Penghargaan ini diberikan kepada PLN sebagai entitas bisnis Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menyediakan produk dan jasa untuk hajat hidup rakyat, dan memberikan andil pemulihan pandemi sepanjang tahun. PLN juga memegang teguh komitmennya memasok kebutuhan listrik.

Darmawan mengatakan, penghargaan ini didedikasikan untuk seluruh insan PLN yang telah berjuang setiap waktu agar seluruh nusantara di Indonesia dapat terakomodasi dan terfasilitasi oleh penerangan yang memadai dari PLN.

"Award ini didedikasikan kepada insan PLN yang sudah berjuang di lapangan membangun seluruh infrastruktur di seluruh negeri agar menerangi seluruh nusantara, agar ada titik2 pertumbuhan ekonomi baru memakmurkan rakyat dimana sumber daya alam berlimpah tetapi tidak ada energi listrik, sehingga tidak bisa dimanfaatkan rakyat," pungkas Darmawan.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading