Jokowi Ungkap Masih Ada yang Permainkan Harga Bawang, Siapa?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
14 December 2021 14:10
Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Food Estate, Temanggung, 14 Desember 2021. (Tangkapan Layar Youtube  Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah jajaran bersama para petani melakukan penanaman bawang merah di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Jokowi sendiri didampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Ada 339 hektare yang akan kita dampingi, didampingi oleh Kementan," kata Jokowi saat menyampaikan keterangan pers, Selasa (14/12/2021).


Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Food Estate, Temanggung, 14 Desember 2021. (Tangkapan Layar Youtube  Sekretariat Presiden)Foto: Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Food Estate, Temanggung, 14 Desember 2021. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Food Estate, Temanggung, 14 Desember 2021. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jokowi berharap penanaman tersebut dapat meningkatkan produktivitas hasil tanam para petani. Dengan begitu, saat stok tercukupi tidak terjadi lonjakan harga yang signifikkan.

"Sehingga kepastian harga, kepastian yang membeli itu ada dan harga yang ada tidak dipermainkan oleh para tengkulak," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan saat produktivitas hasil tanam mulai meningkat, diharapkan akan berdampak pada tingkat kesejahteraan para petani nasional.

"Karena kita dapat memastikan kalau nanti panen sudah terjadi per hektare mendapatkan berapa ton. Kemudian ongkos di produksinya berapa, sehingga ketemu betul bahwa para petani memang mendapatkan keuntungan dari menanam bawang merah itu," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Terbang ke Jateng, Cek Lumbung Pangan 'Raksasa'


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading