Jreeng! 1% Penduduk Kuasai Lahan di RI, Inikah Orangnya?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
13 December 2021 10:15
Jokowi di Kongres MUI (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pernyataan Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengenai 1% penduduk Indonesia memiliki 59% lahan yang ada di Indonesia membuat heboh publik.

Apalagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri telah mengakui kebenaran kabar tersebut. Namun, Jokowi menampik bukan dirinya yang membagikan lahan-lahan tersebut.

"Bukan saya yang membagi. Harus saya jawab," tegas Jokowi dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden.


Pernyataan tersebut kini menimbulkan pertanyaan, siapakah sosok penguasa lahan di Indonesia sekarang?

Pada akhir 2020 lalu, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengaku menerima daftar pengusaha lahan hak guna usaha (HGU) yang dikuasai sejumlah kelompok.

Pernyataan ini disampaikan Mahfud melalui cuitan akun Twitter resminya yang diunggah pada 25 Desember 2020, seperti dikutip CNBC Indonesia, Senin (13/12/2021).

"Saya dapat kiriman daftar group pengusaha tanah HGU yang setiap group menguasai sampai ratusan ribu hektar. Ini gila," tegas Mahfud.

Twitt @mahfudMD/ Twitter: @mahfudMDFoto: Twitt @mahfudMD/ Twitter: @mahfudMD
Twitt @mahfudMD/ Twitter: @mahfudMD

Namun, Mahfud menegaskan bahwa penguasaan tanah oleh sekelompok orang tersebut bukanlah hal baru. Menurutnya, hal ini merupakan 'limbah' masa lalu.

"Penguasaan itu diperoleh dari pemerintahan dari waktu ke waktu, bukan baru. Ini adalah limbah masa lalu yang rumit penyelesaiannya karena dicover dengan hukum formal," tegasnya.

Halaman Selanjutnya >>> Ada Nama Prabowo Subianto?

Ada Nama Prabowo Subianto?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading