Fintech

Sri Mulyani: RI Sudah di Liga Primer Dunia, Bukan Kecamatan

News - Redaksi, CNBC Indonesia
11 December 2021 15:15
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia ibarat sudah masuk liga primer dunia dalam bidang financial technology (fintech). Maka sudah sepatutnya, dunia usaha sekaligus regulator juga memiliki pandangan yang lebih luas.

"Kita sudah di big four, liganya tuh sudah liga primer, jangan main seperti liga kecamatan," ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam acara Indonesia Fintech Summit 2021 "Fintech for Faster Economic Recovery" yang disaksikan secara virtual, Sabtu (11/12/2021)

Indonesia kini berada di empat besar dunia dalam bidang fintech, di bawah Amerika Serikat (AS), India dan Inggris. Sri Mulyani menyampaikan, seringkali Indonesia menuai banyak pujian di setiap forum internasional karena mampu melahirkan banyak unicorn.


Hal ini juga yang membuat investor tertarik dengan fintech di tanah air. Apalagi China kini tengah dijauhi setelah beberapa permasalahan yang muncul.

"Indonesia big enough market, size economy, population dan selama ini kita very open terhadap inovasi," imbuhnya.

Fintech masuk ke dalam teknologi digital yang akan dibahas dalam pertemuan G20. Indonesia yang menjadi presidensi harus mengambil momentum agar ikut menentukan arah ke depan.

"Saya berharap di G20 ini teman-teman industri kasih kita masukan dong," ajak Sri Mulyani ke pelaku industri yang hadir.

Industri juga bisa memantau lebih dekat perkembangan dari banyak negara. Indonesia bisa mencontoh aturan atau cara main yang bagus dan sekaligus belajar dari kesalahan yang dilakukan negara lain. "Supaya kita bisa mencari keseimbangan," terangnya.

Selain teknologi digital, isu yang dibahas adalah mengenai pemerataan vaksinasi di seluruh dunia, sinkronisasi kebijakan antar negara, perubahan iklim, inklusi keuangan serta perpajakan global.

"Ini event besar juga harus connect dengan kondisi kita sendiri," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sri Mulyani ke PNS: Dipindah Tugas ke Daerah, Bukan Hukuman!


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading