Internasional

Jepang Dapat Proyek Kereta Cepat di Inggris Rp 37 T

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
09 December 2021 20:38
Japan's Magnetic Levitation, or linear motor car MLX01-901A, carrying U.S. Transportation Secretary Ray LaHood, runs on a rest course of Yamanashi Experiment Center in Tsuru, Japan, Tuesday, May 11, 2010. LaHood was treated to a ride Tuesday on the fastest passenger train in the world as part of Tokyo's bid for billions of dollars in high-speed train contracts from the U.S. (AP Photo/Itsuo Inouye)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan patungan Prancis-Jepang telah menyetujui kesepakatan besar-besaran untuk membangun kereta berkecepatan tinggi generasi terbaru di Inggris.

Perusahaan Prancis Alstom dan Hitachi Rail dari Jepang akan membangun 54 kereta api di bawah kontrak senilai hampir 2 miliar pound sterling atau sekitar Rp 37,3 triliun.

Dalam pernyataan bersama, kontrak ini juga ditandatangani dengan HS2, sebuah perusahaan yang didanai pemerintah.


"Pabrikan akan memberikan kereta operasional tercepat di Eropa yang mampu berlari dengan kecepatan maksimum 225 mil per jam (360 kilometer per jam)," kata pernyataan bersama, dikutip dari AFP, Kamis (9/12/2021).

Kereta listrik sepenuhnya akan berjalan di jalur kereta api HS2 baru yang sedang dibangun pada wilayah antara London, West Midlands dan Crewe.

Mereka juga akan beroperasi di jaringan rel yang ada ke tempat-tempat termasuk Glasgow, Liverpool dan Manchester.

"Pengumuman hari ini menempatkan Inggris dengan kuat di garis depan revolusi kereta api berkecepatan tinggi dengan kereta canggih ini melayani masyarakat di seluruh negeri dari London ke Glasgow," kata Menteri Transportasi Grant Shapps dalam sebuah pernyataan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tim Luhut Soal Proyek Kereta Cepat Bengkak, Ini Skenarionya!


(tfa/tfa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading