Begini Kronologi Ambruknya Tiang Kereta Cepat, Bos KCIC Murka

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
09 December 2021 19:49
Pembongkaran Pier di Proyek KCJB.

Jakarta, CNBC Indonesia - Pembangunan kereta cepat Jakarta - Bandung menemui masalah konstruksi, insiden ambruknya salah satu tiang. Kali ini terjadi kecelakaan tiang raksasa roboh menimpa dua ekskavator di Teluk Jambe, Karawang pada, Minggu (5/12/2021).

Ambruknya tiang tersebut bermula karena dalam proses pembongkaran tiang. Hal ini didahului dari Tim Quality dan Konsultan Supervisi CDJO (PT Dardela Yasa Guna Joint Operation) menemukan pergeseran alignment pekerjaan pier atau pilar di DK 46 dan menginstruksikan kontraktor melakukan pekerjaan ulang. Dengan membongkar untuk dibangun kembali sesuai spesifikasi teknis yang sudah ditetapkan.

Selain itu sertifikasi desain dan fungsional Pier KCJB dilakukan oleh Tim KKJTJ Kementerian PUPR termasuk di dalamnya Tunnel dan Jembatan, untuk memastikan kelayakan design dan fungsi sesuai standard yang berlaku. Usia teknis konstruksi KCJB didesain untuk umur konstruksi 100 tahun.


GM Sekretaris Perusahaan Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menjelaskan ada beberapa pilar yang mau dibongkar oleh pihak kontraktor. Hanya saja dalam pengerjaan satu pilar malah roboh.

"Yang seharusnya diperbaiki itu 6 pilar tapi yang jatuh satu," katanya kepada CNBC Indonesia, Kamis (9/12/2021).

Hal ini karena kesalahan pihak kontraktor, KCIC sudah memberikan teguran dan surat peringatan kepada kontraktor terkait. Dan diminati membangun kembali tiang itu dengan biaya yang dibebankan kontraktor.

Selain itu Mirza menegaskan sampai saat ini proyek juga masih berjalan. Pasca kecelakaan itu pengerjaan pembongkaran pier di lokasi insiden di stop sementara dan lanjut mengerjakan lokasi lainnya.

Adanya insiden itu juga membuat Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi marah besar. Dia menegaskan tidak mentolerir adanya kesalahan konstruksi yang melebihi dari toleransi yang dipersyaratkan.

"Kejadian ini menjadi perhatian serius bagi kami. Kami akan berkoordinasi dengan semua pihak terkait proyek KCJB untuk lebih memperhatikan keselamatan kerja," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Proyek Kereta Cepat Bengkak: Ada Terowongan Tak Tembus Bor!


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading