Erick Thohir Ganti Dirut PLN, Gimana Nasib Direksi Lainnya?

News - Wilda Asmarini, CNBC Indonesia
06 December 2021 11:27
Erick Thohir angkat Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN. (PLN)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT PLN (Persero) tahun 2021 memutuskan mengangkat dan menetapkan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN, menggantikan Zulkifli Zaini.

Surat Keputusan RUPS disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir di Kantor Pusat PT PLN (Persero) di Jakarta dan berlaku sejak hari ini, Senin, 6 Desember 2021.

Acara ini dihadiri oleh Menteri dan Wakil Menteri 1 BUMN, Deputi Kementerian BUMN, jajaran Komisaris PLN, dan seluruh Direksi PLN.


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan dalam mengelola perusahaan terutama dalam BUMN, seorang pemimpin harus menyandarkan tanggung jawab yang diemban dengan hati dan keikhlasan.

"Karena bagaimanapun juga, jabatan yang diberikan kepada kita tak lain sebuah amanah. Amanah untuk memberikan kontribusi sebesar-besarnya kepada negara dan memiliki dampak sosial seluas-luasnya berupa peningkatan pelayanan kepada masyarakat," ucap Erick, seperti dikutip dari keterangan resmi perseroan, Senin (06/12/2021).

Menurutnya, Zulkifli Zaini, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PLN sejak Desember 2019, dinilai telah memimpin perusahaan yang melayani kebutuhan hidup seluruh rakyat Indonesia ini dengan hati dan keikhlasan.

"Amanah dalam mengelola PLN untuk bertahan dan tetap melayani, serta meringankan beban masyarakat miskin dan tidak mampu saat pandemi Covid-19 mengisyaratkan beliau memahami komitmen yang diemban," tutur Erick.

Seperti diketahui, Darmawan Prasodjo sebelumnya merupakan Wakil Direktur Utama PLN sejak 23 Desember 2019.

Adapun hasil RUPS kali ini hanya mengganti jabatan Direktur Utama PLN, sementara dewan direksi lainnya tidak berubah alias tetap seperti posisi sebelumnya. Sedangkan untuk posisi Wakil Direktur Utama masih ditiadakan.

Berikut susunan baru Direksi PLN:

1. Direktur Utama: Darmawan Prasodjo
2. Direktur Perencanaan Korporat: Evy Haryadi
3. Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan: Bob Saril
4. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Sinthya Roesly
5. Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia: Syofvi Felienty Roekman
6. Direktur Energi Primer: Rudy Hendra Prastowo
7. Direktur Mega Proyek dan EBT: Wiluyo Kusdwiharto
8. Direktur Bisnis Regional Sumatera Kalimantan: Muhammad Ikbal Nur
9. Direktur Bisnis Regional Jawa Madura dan Bali: Haryanto WS
10. Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara: Syamsul Huda.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading