Bukan Cuma Duit, Ini Resep Sukses Sandi Kepada Pelaku Startup

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
04 December 2021 13:00
Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (Tangkapan layar CNBC TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan sejumlah pesan kepada pelaku startup di tanah air agar mereka mampu survive hingga bertumbuh. Hal itu disampaikan Sandi, sapaan akrab Sandiaga Uno, dalam Startup Outlook 2021 di The Smith, Tangerang, Banten, Sabtu (4/12/2021). Acara ini merupakan kerja sama Triniti Dinamik, Indogen Capital, dan CNBC Indonesia.

Menurut dia, startup memang memerlukan modal. Akan tetapi, modal bukan satu-satunya syarat agar sukses.

"Ada komitmen, ada konsistensi, dan ada karakter. 3C. Jika ketiga hal itu ada, orang akan ngejar kok," kata Sandi.



Mengacu kepada pengalamannya memulai usaha beberapa tahun lalu, Sandi bilang kalau komitmen diperlukan untuk menuntaskan masalah-masalah yang timbul.

Sementara konsistensi diperlukan lantaran tidak ada kesuksesan yang instan. Ia mencontohkan startup unicorn asal Indonesia yang konsisten dalam bisnis selama 10 tahun terakhir.

Sedangkan yang terakhir adalah karakter. Sandi pun teringat pesan dari pendiri Astra Internasional William Soeryadjaya yang menekankan untung bisa dicari, tapi reputasi tidak bisa dicari.

"Try to build brand dan karakter agar dapat trust whoever," kata Sandi.


Tak lupa Sandi mengingatkan pentingnya integritas dalam berbisnis. Sebab, integritas yang tidak goyah akan menjadikan pelaku usaha sebagai pemenang.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading