Canggih! Sertifikat Tanah Digital Ampuh Berantas Mafia Tanah?

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
02 December 2021 19:42
Penyerahan Sertipikat Tanah Untuk Rakyat Se-Indonesia, Istana Negara, 5 Januari 2021 (Tangakapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Maraknya kasus mafia tanah yang dilakukan dengan memalsukan sertifikat membuat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) pun mau membuat sertifikat dalam bentuk elektronik.

Lalu apakah Sertifikat Hak Milik (SHM) dalam bentuk elektronik akan lebih efektif memberantas mafia tanah?

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil mengatakan secara keamanan dengan digital jauh lebih baik dari sebelumnya yang hanya berbentuk kertas.


"Adanya sertifikat elektronik, secara teori security digital ini jauh lebih baik," paparnya dalam Program InvesTime CNBC Indonesia, Rabu malam, (01/12/2021).

Ia mencontohkan ratusan juta ATM yang dikelola perbankan sejauh ini dalam kondisi aman. Pun ada masalah hanya 1-2 kasus yang di-hack, akan tetapi secara keseluruhan relatif aman.

Kemudian dana di pasar modal yang mencapai ratusan triliun di mana dana ini merupakan dana masyarakat aman dengan bukti notasi elektronik, yang dijaga oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

"Kita juga akan gunakan sistem digital terbaru dengan keamanan paling canggih, bahkan jika perlu kita akan gunakan teknologi blockchain," lanjutnya.

Saat ini menurutnya teknologi blockchain tidak bisa di-hack. Sementara jika sertifikat tanah masih dalam bentuk lembaran kertas meski dengan security printing tetap bisa dilakukan pemalsuan.

"Uang pun dipalsukan, dolar dipalsukan, padahal pengamanan uang jauh lebih tinggi. Oleh sebab itu yang penting hati-hati kalau tanah mahal dijaga, jangan mudah percaya kepada orang," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Alert Mafia Tanah! Modus Mau Beli Rumah, Ambil Sertifikat


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading