Horeee! Turis RI Bisa ke Singapura Tanpa Karantina

News - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
28 November 2021 20:30
Singapura Buka Akses Tanpa Karantina Bagi WNI

Jakarta, CNBC Indonesia - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof. Wiku Adisasmito mengatakan bahwa negara Singapura telah memberi sejumlah relaksasi bagi turis, termasuk dari Indonesia.

Hal ini sesuai diatur dalam skema vaccinated travel lane (VTL) Unilateral Singapura terhitung mulai tanggal 28 November 2021.


Melalui keterangan pers nya, Prof Wiku menyebutkan Pemerintah Singapura telah mengizinkan seluruh pelaku perjalanan dari Indonesia masuk ke negaranya.

"Dengan skema ini, maka pelaku perjalanan dari Indonesia yang memenuhi kriteria dapat melakukan perjalanan ke Singapura tanpa harus melaksanakan karantina pada kedatangan," kata Wiku seperti tertulis dalam situs resmi Covid19.go.id.

Mengutip detikcom, untuk masuk ke Singapura, pelaku perjalanan dari Indonesia harus memenuhi syarat dan kriteria dalam kerangka VTL Unilateral. Yakni vaksinasi penuh menggunakan vaksin yang diakui WHO.

Adapun terdapat berbagai vaksin yang telah diakui WHO dan telah diberikan kepada masyarakat Indonesia, yaitu Pfizer, AstraZeneca, Moderna, Sinopharm dan Sinovac.

Selain itu, syarat perjalanan ke Singapura lainnya adalah menunjukkan aplikasi PeduliLindungi bagi WNI, hasil negatif tes PCR dalam kurun waktu maksimal 2 hari sebelum keberangkatan, serta telah melakukan booking dan pembayaran Tes PCR di Bandara Changi saat tiba.

Selain itu, syarat perjalanan ke Singapura adalah memiliki asuransi COVID-19 dengan minimum coverage 30.000 dollar Singapura (Rp 313 juta) bagi short term visitor.

"Informasi lebih lanjut, dapat diakses di situs resmi berikut: https://safetravel.ica.gov.sg.," pungkas Wiku.

Namun perlu diingat, pada 18 Oktober 2021 lalu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menetapkan Singapura ke dalam negara dengan risiko sangat tinggi penularan COVID-19. Untuk itu, sangat disarankan untuk pelancong RI tetap berhati-hati dan jangan lengah.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Alert! Singapura Temukan Lagi Omicron, Pekerja Bandara Changi


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading