Bandara Kertajati Sudah Terhubung Tol, Kondisi Sepi Berakhir?

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
26 November 2021 19:49
Bandar Udara Internasional Jawa Barat Kertajati (Bandar Udara Internasional Kertajati Jawa Barat). Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Semenjak pandemi tidak ada jadwal penerbangan komersial di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Seluruh penerbangan dialihkan ke Bandara Husein Sastranegara, Bandung sesuai ketentuan Kementerian Perhubungan.

Upaya meramaikan bandara yang sudah dioperasikan dari tiga tahun lalu terus dilakukan pemerintah.

Saat ini tol yang berada di kabupaten Majalengka itu masih menunggu pengoperasian dua tol yang akan menjadi penopang akses tol ini, yakni tol Akses tol Bandara Kertajati yang terhubung dengan tol Cikopo - Palimanan, dan tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu).


Terbaru akses tol Bandara Kertajati, yang terhubung tol Cikopo - Palimanan (Cipali) tinggal menunggu surat keputusan pengoperasian dari Kementerian PUPR sehingga bisa dioperasikan dalam waktu dekat. Sementara pengoperasian tol Cisumdawu dipatok pada Desember 2021 ini secara bertahap.

Meski dua tol ini hampir beroperasi, tanda-tanda kembalinya penerbangan berjadwal di bandar ini belum terlihat. Direktur Utama Bandara Kertajati Muhammad Singgih, mengatakan pengembalian rute penerbangan ke Kertajati tentu menunggu arahan pemerintah.

"Sebelumnya penerbangan di pindah ke Bandung tersebut karena pandemi Covid - 19, dan akan dievaluasi kembali. Secara harapan tentu kita sangat berharap untuk segera kembali ke Kertajati," kata Singgih kepada CNBC Indonesia, Jumat (26/11/2021).

Dia berharap supaya harapan itu segera terwujud, terlebih tol menuju bandara ini sudah hampir rampung.

"Mohon doanya saja, saya percaya pasti pemerintah memikirkan upaya meramaikan Kertajati. Apalagi tol dari Cipali ke Bandara sudah selesai dan separuh tol Cisumdawu juga sudah selesai. Dan separuh lagi sedang dikebut," katanya.

Sebelumnya pada 20 Agustus 2020 lalu Kementerian Perhubungan mengembalikan sejumlah penerbangan niaga berjadwal jenis jet dari Kertajati ke Bandara Husein Sastranegara, untuk memudahkan penerbangan ke Bandung. Sebagai upaya untuk menggairahkan kembali penerbangan pada masa pandemi.

Namun secara jangka panjang bandara di Bandung tidak lagi menerima penerbangan komersial, semua terfokus pada bandara Kertajati. Pengalihan rute penerbangan yang dilakukan sejak 1 Juli 2019 ini akan kembali dilakukan setelah infrastruktur pendukung Kertajati kelar, dan gairah penerbangan mulai melonjak.


[Gambas:Video CNBC]

(emy/emy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading