Wuih! Pengembang-Pengembang Raksasa Merapat ke Ibu Kota Baru

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
26 November 2021 18:30
ibu kota baru (PUPR)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pembangunan ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur telah menarik perhatian dari banyak pengembang besar. Real Estate Indonesia (REI) bahkan membentuk kelompok kerja (pokja) sebagai bentuk persiapan untuk menyambutnya.

"Kami sudah membentuk pokja yang anggotanya sebagian besar pengembang besar yang sudah terlibat di sini (Jabodetabek), sudah punya pengalaman," kata Ketua Pokja IKN REI Soelaeman Soemawinata, Jumat (26/11).

Pengembang besar tersebut sudah banyak terlibat dalam pengembangan kota baru di sekitar Jabodetabek. Hampir semuanya bakal ikut serta dalam program ibu kota negara, utamanya pengembang yang sudah punya pengalaman di Tangerang dan Bekasi. Jika melihat track record, pengembang yang sudah membangun beberapa kota tersebut adalah Alam Sutera, Summarecon, hingga Sinar Mas.


"Coba sebutin saja pengembang di Tangerang, Bekasi, ada dia. Kita mulai siapkan, gimana konsepnya, investasinya, skema pembiayaannya, gimana cara menyewakannya, sementara pemerintah punya persiapan saja apa kantor pemerintah yang mau dibangun," ujar Soelaeman.

"Mungkin setelah UU keluar kita akan beri beberapa usulan, tidak hanya menyediakan rumah tapi pengembang kan bisa membangun beberapa fasilitas kesehatan, pendidikan. Ini harus matching kan," lanjut Direktur PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) itu.

Meski sudah ada persiapan, namun pengembang belum masuk ke dalam tahap penjualan. Saat ini, pengembang masih dalam tahap perencanaan terhadap konsep dan rancang bangun kotanya.

"Belum jual, masih jauh itu. Kita juga masih nunggu regulasinya, belum-belum," kata Soelaeman.


[Gambas:Video CNBC]

(fys/fys)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading