Catat! PNS di Bidang Ini yang Bisa Diganti dengan Robot

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
26 November 2021 11:05
Infografis, Jokowi Lebih Pilih ‘Robot’ Daripada PNS Foto: Infografis/ Jokowi Pilih Robot Ketimbang PNS/ Edward Ricardo Sianturi

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah berencana mengurangi jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam beberapa tahun ke depan. Terutama dengan adanya inovasi teknologi yang memungkinkan pegawai diganti dengan teknologi robot.

Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah mengatakan, sangat memungkinkan PNS diganti dengan tenaga robot. Namun hanya untuk beberapa sektor tertentu.


"Menurut saya bisa saja. Tapi memang tidak semuanya bisa diganti. Karena masyarakat kita masih banyak ogah dilayani dengan teknologi dan lebih puas ngobrol langsung dengan petugas pelayan publik," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Jumat (26/11/2021).

Menurutnya, beberapa sektor PNS yang bisa diganti bahkan akan lebih menguntungkan masyarakat dan juga pemerintah. Misalnya PNS pengurusan KTP dan yang berada di samsat.

Untuk pemerintah ini akan menguntungkan karena beban negara turun dari pengurangan PNS dan masyarakat terutama dalam pembuatan KTP dan samsat bisa terbebas dari praktek pungli yang masih sering terjadi.

"Bagian layanan yang bisa diganti misalnya pembuatan KTP, itu bisa diganti. Pelayanan samsat bisa diganti juga. Jadi bisa menghilangkan pungutan liat yang masih sering ada," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menekankan ini tak akan bisa dilakukan pemerintah dalam waktu dekat. Selain karena biaya yang besar, kemampuan tenaga kerja Indonesia dalam membuat robot masih kurang mumpuni.

"Jadi ini pasti dalam jangka waktu panjang. Jangka pendek dan menengah akan sulit," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading