GIIAS

Masih Banyak Orang Kaya Kantongi Duit, Mobil Baru Laris Manis

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
25 November 2021 14:35
Jokowi di GIIAS 2021 (CNBC Indonesia/Ferry Sandi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hanya dalam hitungan hari, ribu unit mobil terjual dalam ajang Gaikindo Indonesia International Autoshow (GIIAS) 2021 pekan lalu. Pengunjung yang datang sepanjang pameran nyaris tembus hampir 300 ribu, atau lebih tepatnya Sebanyak 293.252 pengunjung.

"Sejak awal, penyelenggaraan GIIAS 2021 mendapatkan respons yang sangat positif dari masyarakat, pengunjung antusias hadir di area pameran dan mempersiapkan diri dengan syarat serta ketentuan protokol kesehatan yang ditetapkan. Puncaknya adalah setelah Bapak Joko Widodo hadir, tentu saja menimbulkan publikasi yang cukup luar biasa sehingga pengunjung yang datang terus-menerus meningkat," kata Ketua III GAIKINDO Rizwan Alamsjah dalam pernyataan dikutip Kamis (25/11).

Bertambahnya pengunjung yang datang nyatanya berdampak pada penjualan. Sejumlah agen tunggal pemegang merk (ATPM) melaporkan bahwa telah terjadi ribuan surat pemesanan kendaraan (SPK).


PT Toyota Astra Motor menyebut telah meraih SPK sebanyak 4.502 unit selama periode GIIAS. Dari total SPK yang diperoleh, All New Veloz dan All New Avanza memberikan kontribusi terbesar masing-masing 823 unit dan 711 unit, atau sebesar 34% dari total seluruh model Toyota.

Selain keduanya yang meraih SPK tertinggi, model-model lainnya yang menjadi lima besar kontributor SPK adalah Raize sebanyak 651 unit 14,4%, Innova sejumlah 633 unit (14%), dan Fortuner sebanyak 529 unit (11,7%). Produk GR Sport Toyota juga cukup diminati pelanggan, di mana komposisinya ada yang mencapai 87% jika dibandingkan dengan tipe non GR Sport.

Dari ATPM lain ada Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) membukukan SPK sebanyak 2.623 unit. SPK terbanyak didominasi oleh model flagship small-MPV Mitsubishi Motors, Xpander (termasuk Xpander Cross) dengan lebih dari 85%.

Artinya, penjualan kedua model tersebut mencapai lebih dari 2.230 SPK. Sementara 15% penjualan lainnya dikontribusikan oleh model Mitsubishi Motors lainnya.

Pabrikan lainnya yakni Honda mengaku SPK selama GIIAS 2021 rata-rata mencapai 150 unit per hari.

Banyaknya penjualan terbilang wajar karena di waktu bersamaan ada peluncuran 16 kendaraan baru, 21 varian kendaraan listrik dan 5 kendaraan konsep yang salah satunya adalah world premiere.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading