Bappenas: Ekonomi Pulih, Buka Peluang Tenaga Kerja

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
25 November 2021 12:56
Dok. BPJS Ketenagakerjaan

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi COVID-19 telah berdampak signifikan pada jumlah lapangan pekerjaan. Selama masa pandemi, lebih dari 21,32 juta orang atau sekitar 10,32% kehilangan pekerjaan sehingga jumlah pengangguran semakin meningkat.

Direktur Kependudukan dan Jaminan Sosial Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Muhammad Cholifihani mengatakan, untuk mencapai tingkat pengangguran sebelum pandemi, vaksinasi menjadi kuncinya.

"Jadi, ketika kita sudah memvaksin semua orang di Indonesia. Tidak hanya semua orang punya kekebalan, tapi juga kekebalan seluruh negeri, kita bisa mencapai pemulihan ekonomi," ujar dia dalam webinar internasional BPJS Ketenagakerjaan dengan tema 'Social Protection in the Face of Digitalization and Economic Uncertaintie', Kamis (25/11/2021).


Selain itu, ketika semua orang sudah mendapatkan vaksinasi atau mencapai kekebalan kelompok, akan terjadi pergerakan ekonomi karena adanya peningkatan kebutuhan dan permintaan.

"Saat ekonomi riil sudah berjalan kembali, tentunya peluang tenaga kerja akan tercipta, lapangan kerja akan tercipta. Dan pada saat itu kita akan mempercepat dan mampu meningkatkan pertumbuhan berbagai sektor," lanjut Cholifihani.

Lebih lanjut, ia memaparkan, pertumbuhan ekonomi nasional cukup resisten. Pada kuartal I-2021, pertumbuhan ekonomi mengalami penurunan menjadi -0,74% dari sebelumnya -2,06% diĀ  2020. Secara teknikal, kata dia, perekonomian sudah mengalami pertumbuhan di kuartal IV-2021.

"Jadi, kita memiliki satu posisi yang cukup kuat dan kita memiliki rencana tahun mendatang, kita akan jauh lebih baik dalam hal pertumbuhan ekonomi dan target-target ekonomi lainnya," lanjut dia.

"Dan yang paling penting adalah bagaimana kita mendukung dan juga memperkuat fasilitas untuk menunjang semuanya," pungkas Cholifihani.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

RI Darurat Malnutrisi, Makanan Bergizi Belum Terjangkau


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading