Ternyata PNS yang Terima Bansos Tinggal di Menteng

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
18 November 2021 20:26
Menteri Sosial Tri Rismaharini. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengungkapkan hal yang mengejutkan. Ternyata Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menerima bantuan sosial (bansos) tinggal di daerah elite Jakarta.

Risma menceritakan, dari pantauan lokasi yang dilakukan pihaknya, satu dari sekian ribu PNS yang menerima bansos tersebut tidak hanya memiliki rumah di kawasan elite tetapi juga bangunannya besar. Hal ini diketahui dari hasil analisas geoteknik dan data spasial yang dimiliki Kemensos.

"Punya rumah kira-kira luasnya 100 meter persegi di kota besar, itu kan mampu ya," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (18/11/2021).


Risma menjelaskan ternyata rumah tersebut berada di tengah kota Jakarta. Tepatnya di kawasan elite Menteng, Jakarta Pusat.

"Itu di Menteng ya," ungkap Risma singkat.

Menurutnya, Kementerian Sosial sudah menandai dan tahu rumah tersebut. Namun, pihaknya tidak bisa langsung menindak karena ini di bawah kewenangan pemerintah daerah.

"Kami sudah tandai alamatnya, tapi kan sesuai UU 13 ini data itu di daerah. Maka kami kembalikan ke daerah, kemudian daerah yang akan ngecek apakah dia layak," kata dia.

Dari data Kementerian Sosial ditemukan ada sebanyak 31.624 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan menerima bantuan sosial. Dari jumlah tersebut, sebanyak 28.965 diketahui sebagai PNS aktif.

"Setelah kita cek di data BKN, dari jumlah itu sebanyak 28.965 ASN aktif. Mungkin sisanya sudah pensiun," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading