Pandemi Covid-19 Bikin Aset Negara Tembus di Atas Rp 4.000 T

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
15 November 2021 12:20
Menteri Keuangan, Sri Mulyani (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 membuat aset negara atau barang milik negara mengalami peningkatan aset hingga Rp 4.397 triliun pada 2020.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan aset yang diperoleh negara berasal dari uang negara, yang penggunaannya bukan hanya untuk melaksanakan tugas-tugas kementerian/lembaga negara, namun juga untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada rakyat.

Sebagaimana dimuat dalam laporan barang tahun 2020, nilai barang milik negara (BMN) Indonesia mencapai Rp 6.595 triliun atau merupakan 59,2% dari total aset yang mencapai Rp 11.098 triliun.

"Adanya kenaikan nilai dari nilai aset negara kita, lebih dari Rp 4.000 triliun. [...] Seluruh proses pengadaan barang milik negara untuk menjaga kepercayaan publik, karena menggunakan uang publik untuk pengadaan barang milik negara ini," jelas Sri Mulyani dalam acara Apresiasi Kekayaan Negara, Senin (15/11/2021).

Dalam pandemi Covid-19, Sri Mulyani mengungkapkan banyak barang milik negara yang kemudian digunakan untuk menciptakan respon yang dihadapi masyarakat, misalnya saja Asrama Haji menjadi tempat isolasi.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban mengungkapkan, peningkatan nilai aset sebesar Rp 4.397 triliun merupakan nilai yang dibandingkan dengan nilai sebelum pelaksanaan kegiatan revaluasi barang milik negara.

"Kegiatan merapikan penatausahaan barang milik negara melalui revaluasi, kata dia merupakan satu diantara berbagai kegiatan pengelolaan barang milik negara yang dilakukan bersama-sama dengan kementerian dan lembaga," ujar Rionald dalam kesempatan yang sama.

Peran BMN dalam perekonomian, kata Rionald juga tidak kalah penting, karena BMN merupakan underlying asset surat berharga negara syariah (SBSN) untuk memenuhi sebagian kebutuhan pembiayaan dari APBN.

"Dalam mendukung kebijakan fiskal yang ekspansif dan juga dalam upaya penanggulangan Covid-19, pengelolaan barang milik negara mengambil peran dengan revitalisasi beberapa rumah sakit, dan penggunaan berbagai fasilitas kantor dan asrama lainnya yang difungsikan sebagai rumah sakit sementara," jelas Rionald dalam kesempatan yang sama.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sri Mulyani Bongkar Habis Cara Berantas Mafia Tanah!


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading