Ada Ritual Ngeri India: Mandi di Sungai dengan Limbah Beracun

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
12 November 2021 09:50
Ritual di Sungai

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada cerita unik dari India. Sungai suci di India tempat warganya melaksanakan ritual penuh busa dan racun.

Namun mereka tetap mengadakan ritual terlepas dari risiko yang bisa muncul.

Hamparan sungai Yamuna yang luas ditutupi dengan busa beracun berwarna putih, sebagian disebabkan oleh polutan yang dikeluarkan dari industri yang mengelilingi New Delhi.

Pada Rabu (10/11/2021) AP News melaporkan ratusan umat Hindu mandi di airnya yang berbusa dan beracun, kadang-kadang bahkan membenamkan diri untuk berenang suci untuk menandai festival Chhath Puja.

Yamuna sepanjang 1.376 kilometer adalah salah satu sungai paling suci bagi umat Hindu. Hanya saja sungai itu juga termasuk yang paling tercemar di dunia.

Sungai tersebut menyediakan lebih dari setengah air New Delhi, yang merupakan ancaman kesehatan yang serius bagi penduduknya. Sungai telah menjadi lebih kotor selama bertahun-tahun karena sebagian besar limbah ibu kota, pestisida pertanian dari negara bagian tetangga, dan limbah industri dari kota-kota pabrik mengalir ke jalur air meskipun ada undang-undang yang melarang polusi.

Di kota yang sudah memiliki udara paling tercemar di dunia, saluran air yang berbahaya dan tidak sehat menjadi perhatian banyak orang. Namun, para penyembah berduyun-duyun ke sana setiap tahun selama festival, yang didedikasikan untuk dewa matahari dan diamati dengan pemandian suci.

Rajesh Kumar Verma termasuk di antara mereka yang berdoa di tepi sungai Yamuna pada hari Rabu. Dia tahu air itu berbahaya tetapi tetap berdiri di dalamnya, tidak terpengaruh oleh bahaya kesehatan.

"Takut apa? Jika kita takut, lalu bagaimana kita bisa berdoa?" katanya.

Pihak berwenang mengerahkan perahu motor dalam upaya untuk menghilangkan busa beracun. Mereka juga mendirikan barikade dari batang bambu untuk menjauhkannya dari tepi sungai.

Delhi, ibu kota India, rumah bagi lebih dari 20 juta orang, adalah salah satu kota paling tercemar di dunia. Musim dingin khususnya telah menjadi masa kesengsaraan kesehatan, ketika kota ditutupi dengan kabut beracun yang mengaburkan langit dan tingkat polusi udara mencapai tingkat bencana.

"Delhi penuh dengan polusi tetapi kehidupan orang-orang tetap berjalan. Seperti itu, kami juga akan memanjatkan doa-doa kami," kata pendatang lainnya, Rajendra Mahto.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada Tanda-Tanda Kumat, Corona India Pecah Rekor Lagi


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading