Tanpa Disadari, Warga RI Hidup Berdampingan dengan Covid

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
10 November 2021 18:15
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu Saat Konferensi Pers APBN KITA September 2021. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan mau tidak mau Indonesia harus siap menuju kebiasaan baru, hidup berdampingan dengan virus Covid-19.

Menurutnya, tidak mudah untuk menghilangkan virus tersebut dari dalam negeri dan ini tidak hanya dialami oleh Indonesia tapi juga negara lainnya. Yang bisa dilakukan saat ini adalah menerima virus ada di tengah-tengah kehidupan dan menjaganya agar tak kembali mengganas.


"Saat ini banyak negara yang living with endemic dan itu yang juga kita sedang lakukan dimulai pada tahun 2021," ujarnya dalam webinar virtual, Rabu (10/11/2021).

Ia menjelaskan, meski virus tersebut belum ditetapkan sebagai endemi secara resmi. Namun, saat ini masyarakat sudah hidup berdampingan dengan virus dalam melakukan aktivitasnya.

Oleh karenanya, saat ini yang perlu dijaga adalah setiap masyarakat harus tetap patuh protokol kesehatan sehingga virusnya tidak kembali aktif dan menyebar lebih luas.

Jika virus bisa tetap terjaga seperti saat ini, maka pertumbuhan ekonomi yang sudah mencatatkan kinerja positif bisa tetap berlanjut. Tentunya ini juga harus ditopang dengan percepatan vaksinasi yang terus dilakukan pemerintah.

"Dengan kondisi vaksinasi membaik, diharapkan jadi faktor menjaga kita tak mengalami lonjakan dalam kasus. Tetap waspada, varian baru tetap akan terjadi kita harus tetap waspada. Prokes masih harus dikedepankan. Kecepatan vaksinasi kita bisa lakukan dengan cepat dan kecepatan bisa ditingkatkan lagi untuk capai herd immunity," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bom Covid Lebaran Meledak, Ekonomi RI Terancam Lagi!


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading