Pertamina Sudah Produksi Solar Standar Euro 4, Apa Itu?

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
08 November 2021 16:45
Petugas mengisi Bahan Bakar Minyak pada kendaraan di salah satu SPBU dikawasana Cikini, Jakarta Pusat, Senin (2/4/2018). Foto: CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Pertamina (Persero) saat ini sudah memproduksi diesel atau Solar degan standar Euro 4 dari kilang minyak di dalam negeri.

Hal tersebut disampaikan oleh Daniel S. Purba, Senior Vice President Corporate Strategic Growth PT Pertamina (Persero).

Dia mengatakan, Solar dengan standar Euro 4 ini sudah diproduksi oleh Pertamina sejak tahun ini.


"Khusus untuk Solar, Pertamina tahun ini sudah bisa mensuplai Solar dengan kualitas Euro 4, sudah produksi dalam negeri," ucapnya dalam wawancara bersama CNBC Indonesia, Senin (08/11/2021).

Menurutnya, sebagian dari kilang-kilang Pertamina sedang dipersiapkan untuk memproduksi semua jenis bahan bakar minyak (BBM) dengan standar Euro 4.

"Jadi langkah-langkah sekarang ini untuk implementasikan dari beberapa aturan menteri Lingkungan Hidup dan keputusan Dirjen Migas," ujarnya.

Lalu, seperti apa Solar standar Euro 4 dan apa saja keunggulannya?

Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan, yang dimaksud dengan standar Euro 4 adalah standar seberapa rendah emisi gas buang yang dihasilkan bahan bakar atau seberapa ramah lingkungan bahan bakar minyak tersebut. Ini bisa dilihat dari parameternya berupa kandungan sulfur.

"Bahan bakar dengan Euro IV adalah bahan bakar dengan kandungan sulfur maksimal 50 parts per million (ppm)," ungkapnya.

Menurutnya, keunggulan dari Euro 4 adalah emisi gas buang yang dihasilkan sangat rendah, sehingga lebih ramah lingkungan.

"Saat ini produk Pertamina yang sudah setara Euro IV adalah Pertamax Turbo dan Pertamina Dex. Untuk produk lainnya saat ini masih dalam proses menuju setara standar Euro IV," lanjutnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Alasan Pertamina Naikkan Harga Pertamina Dex & Pertamax Turbo


(wia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading