Tentatif Harga

Avanza dan Xenia Terbaru Tak Murah Lagi, Naik Belasan Juta!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
05 November 2021 16:00
Toyota Veloz

Jakarta, CNBC Indonesia - Kombinasi maut Toyota-Daihatsu yakni Avanza-Xenia baru bakal rilis pekan depan. Avanza rilis pada 10 November 2021, sementara Xenia bakal keluar keesokannya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

"Tanggal 10 November launching, lebih fresh," kata wiraniaga Toyota yang enggan disebutkan namanya kepada CNBC Indonesia, Jumat (5/11/21).

Avanza-Xenia baru estimasi bakal mengalami kenaikan harga. Berdasarkan bocoran estimasi harga sumber CNBC Indonesia dari tim sales diler Toyota di Jakarta, harga Avanza merangkak naik secara bervariasi tergantung model, yakni mulai dari belasan hingga puluhan juta rupiah.


Dari estimasi harganya, sudah tidak ada lagi Avanza di bawah Rp 200 juta. Bahkan, ada model yang mencapai nyaris Rp 300 juta, yakni untuk mobil baru Toyota Veloz 1.5 Q CVT TSS (Premium Color) atau tepatnya Rp 292,8 juta. Angka sebesar itu untuk menambah teknologi TSS.

Masih pada jenis yang sama namun berbeda warna, Toyota Veloz 1.5 Q CVT TSS (Non Premium Color) dibanderol Rp 291,5 juta atau berbeda lebih murah sebesar Rp 1,8 juta.

Selain itu, mobil yang tidak menggunakan CVT yakni Veloz 1.5 Q CVT (Premium Color) dibanderol Rp 273,4 juta. Jenis ini mengalami kenaikan harga paling signifikan dibanding jenis lain karena ada perubahan harga sebesar Rp 29,6 juta atau dari Rp 243,8 juta.

Sedangkan CVT yakni Veloz 1.5 Q CVT (Non Premium Color) naik dari Rp 243,8 juta menjadi Rp 272,1 juta atau kenaikan Rp 28,3 juta. Pada jenis Avanza anyar, Toyota membanderol perbedaan harga antara Premium Color dan Non Premium Color. Padahal, di versi tahun ini harganya masih sama.

Adapun Avanza termurah saat ini berada di bawah Rp 200 juta, maka untuk mobil anyar berada di atas angka tersebut. Avanza 1.3 M/T yang sebelumnya dibanderol Rp 189,8 juta maka nantinya ada kenaikan sebesar Rp 16,4 juta menjadi Rp 206,2 juta.

Harga AvanzaFoto: Harga Avanza
Harga Avanza

Harga Xenia Juga Naik

Daihatsu Xenia terbaru ini banyak mengalami perubahan. Sehingga ada kenaikan harga, pihak diler menyebut ada estimasi kenaikan harga belasan juta rupiah.

"Estimasi kenaikan Rp 16 juta Xenia baru, itu dari masing-masing tipe," kata seorang pramuniaga Daihatsu di Jakarta kepada CNBC Indonesia, Kamis (4/11/21).

Dengan kenaikan tersebut, masing-masing mobil bakal mengalami kenaikan harga cukup signifikan, utamanya jika tidak ada perpanjangan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) di tahun depan.

Sebagai contoh, Xenia 1.5 R Deluxe AT yang harga normalnya Rp 240,65 juta atau sebelum PPnBM, nantinya bisa menembus estimasi Rp 255,65 juta. Begitu pun degan jenis mobil lain seperti Xenia 1.3 R Deluxe MT dari Rp 219,95 juta menjadi Rp 231 jutaan.

Apalagi, di awal peluncuran biasanya pabrikan mobil masih selektif dalam memberikan diskon mobil.

"Biasanya masih kecil diskonnya, kalau credit angsurannya pun masih tinggi," katanya.

Baik Avanza dan Xenia lahir dari satu 'rahim' yang sama, yakni pabrikan Astra Daihatsu Motor (ADM). Mobil ini pertama kali rilis pada Desember tahun 2003 silam.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Saudara Kembar Avanza Terbaru Rilis, Ini Bocoran Harganya


(fys/fys)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading