Cerita Luhut di Balik Jumpa Jokowi dan Biden

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
03 November 2021 09:50
President Joe Biden meets with Indonesian President Joko Widodo during the COP26 U.N. Climate Summit, Monday, Nov. 1, 2021, in Edinburgh, Scotland. (AP Photo/Evan Vucci)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendampingi Presiden Joko Widodo kala bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Pada pertemuan itu, Biden menyampaikan pidatonya tentang peran Indonesia di ranah global.

"Satu hal yang saya ingat dalam pertemuan tersebut bahwa menurut Beliau, peran Indonesia sungguh besar dan nyata di kawasan, bahkan di tataran global dalam memajukan nilai-nilai demokrasi," kata Luhut, lewat postingan di media sosial pribadinya, dikutip Rabu (03/11/2021).

Ia mengklaim, Indonesia juga dianggap sudah membuat sebuah terobosan yang jauh dan terdepan untuk ikut berkontribusi dalam penanganan perubahan iklim global. Namun, Luhut tetap dengan tugasnya mencari investasi.


"Saya juga bertemu dengan Jeff Bezos dan menyampaikan ucapan terima kasih atas investasinya di Indonesia. Dan juga tak lupa menyambut baik investasi yang lain seperti Earth Fund untuk program Energy Transition Mechanism Indonesia yang akan melaksanakan early retirement PLTU batu bara," tuturnya.

Pada kesempatan itu, ada juga penandatanganan MoU antara Pertamina dan ExxonMobil Indonesia yang berkolaborasi dalam pengembangan teknologi rendah karbon atau Carbon Capture and Utilization and Storage (CCUS).

"Seluruh rangkaian pertemuan yang dimulai sejak beberapa minggu lalu di Amerika bersama dengan Jake Sullivan, John Kerry hingga disambung pertemuan berharga hari ini," tandasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Luhut Ketemu PM Inggris Boris Johnson, Bahas Apa?


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading