Kala Jokowi 'Curhat' ke PM Slovenia, UE Diskriminasi Sawit RI

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
02 November 2021 14:20
foto/ Jokowi bertemu PM Slovenia/ foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyinggung diskriminasi atas produk kelapa sawit Indonesia oleh Uni Eropa kala bertemu Perdana Menteri Slovenia Janez Jansa.

Pertemuan Jokowi dan Janez Jansa digelar di sela pertemuan UNFCC COP26 di Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11/2021), seperti dikutip keterangan resmi Sekretariat Presiden, Selasa (2/11/2021).

"Terkait dengan kerja sama lingkungan hidup, saya menyayangkan masih ada perlakuan diskriminatif oleh Uni Eropa terhadap kelapa sawit berkelanjutan Indonesia," kata Jokowi.


Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan apresiasi kepada PM Slovenia atas komitmennya untuk terus memperkuat hubungan Indonesia-Slovenia dan Indonesia-Uni Eropa (UE).

Jokowi juga menyampaikan bahwa upaya memperkuat kerjasama Indonesia-UE ini telah dibahas dengan Prancis sebagai pemegang presidensi UE berikutnya dan juga dengan Presiden Dewan Eropa.

Jokowi lantas mengharapkan Slovenia mendorong finalisasi perundingan Indonesia - EU Comprehensive Economic Partnership Agreement.

PM Janez Jansa menyampaikan bahwa Slovenia memberikan perhatian besar terhadap Indonesia.

"Indonesia memiliki potensi ekonomi yang besar, sehingga penting bagi Uni Eropa memberikan perhatian lebih besar kepada Indonesia," kata Jansa.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi: Kita Senangnya Latah, Sawit Rame Semua Nanam Sawit


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading