Perhatian! Waspada Cuaca Ekstrem Hingga 6 November

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
01 November 2021 11:25
Aktivitas warga di pemukiman yang terendam air di Kawasan Cipinang Melayu, Jakarta, Jumat, 19/2. Banjir sekitar 1 meter merendam permukiman warga Cipinang Melayu Jakarta timur. Warga setempat mengungsi ke sejumlah tempat seperti pelataran parkir Universitas Borobudur. Menurut warga setempat kawasan RW 04 Cipinang Melayu kembali dilanda banjir sejak 03.30 WIB dini hari. Dia mengatakan jika banjir yang terjadi di daerahnya, karena luapan kali sunter akibat intensitas hujan yang tinggi. Sementara itu mesin pompa sudah disiapkan oleh pemadam kebakaran untuk menyedot air.(CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memberikan peringatan munculnya cuaca ekstrem hingga 6 November 2021 mendatang.

Pengumuman tersebut disampaikan BPBD DKI Jakarta melalui akun Twitter resminya, seperti dikutip CNBC Indonesia pada Senin (1/11/2021).

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem," tulis BPBD DKI Jakarta.


Cuaca ekstrem yang dimaksud adalah potensi hujan sedang dan deras yang disertai petir dan angin kencang, berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terbaru menunjukkan potensi belokan dan perlambatan angin yang dapat meningkatkan pola konektivitas.

Kondisi ini, berdasarkan analisis BMKG dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

Cuaca ekstrem sendiri yaitu hujan deras dengan durasi singkat yang disertai petir dan angin kencang. Bahkan, hujan es yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi.

Bencana hidrometeorologi merupakan banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama bagi masyarakat yang berada di tingkat di wilayah rawan bencana.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

BMKG: DKI, Jabar Hingga Jateng Siaga Banjir!


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading