Kejar Hyundai, Toyota Siapkan Pabrik Mobil Listrik di RI

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
29 October 2021 19:01
Toyota resmi memperkenalkan konsep SUV listrik bernama Toyota bZ4X (Toyota)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pabrikan otomotif mulai berlomba-lomba dalam memproduksi kendaraan listrik di Indonesia. Setelah Hyundai yang terkonfirmasi akan mulai produksi Maret 2022 mendatang, Toyota juga tidak ingin ketinggalan dengan menegaskan bakal melakukan langkah yang sama.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi menegaskan bahwa ke depan akan ada teknologi-teknologi anyar yang akan meluncur di Indonesia, termasuk mobil listrik.

"Kita komitmen 2022 akan ada suatu produk hybrid local production, harapannya bisa memberi harga dan produk yang lebih cocok untuk masyarakat Indonesia, ini produk yang kita unggulkan, ke depan meningkatkan produk-produk elektrifikasi dan emisi CO2 di Indonesia," sebutnya dalam konferensi pers TAM Electrification Day 2021, Jumat (29/10/21).


Saat ini, Indonesia memang telah memasarkan sejumlah hybrid, namun itu merupakan jenis completely built up (CBU) atau diimpor langsung dari negara lain dalam kondisi utuh dan lengkap.

"Rata-rata produk elektrifikasi CBU, baik Toyota dan Lexus ada yang dari Thailand, Jepang, tapi ke depan kita sudah komitmen, kita buat produk ramah lingkungan yang lebih terjangkau, di tahun depan lokalisasi CKD untuk produk elektrifikasi juga. Mudah-mudahan dengan ada localize ini win-win, customer juga dapat produk yang lebih sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Harapan harga lebih terjangkau," sebutnya.

Era mobil listrik kian nyata belakangan ini, sejumlah pabrikan terus berlomba-lomba untuk masuk ke Indonesia dan memproduksinya secara langsung, salah satunya adalah pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai.

Kementerian Perindustrian resmi mengumumkan pabrik mobil listrik pertama yang akan memulai produksinya di Indonesia, dia adalah PT. Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI).

Dalam waktu 4-5 bulan ke depan, pabrik tersebut akan memulai tahapan produksi mobil listrik. Pada masa awal, HMMI akan memproduksi 1.000 unit kendaraan listrik per tahun mulai Maret 2022 di Indonesia.

"Produksi kendaraan listrik ini tentunya menjadi showcase kapabilitas industri otomotif Indonesia yang juga bergerak ke arah industri yang ramah lingkungan, sekaligus memberi pesan kepada dunia internasional bahwa Indonesia siap menjadi hub ekspor utama bagi kendaraan listrik di ASEAN dan wilayah sekitarnya," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dalam keterangan resmi, Selasa (26/10/21).


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading