Jokowi: Tak Ada Seorang pun Bebas & Aman dari Covid-19

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
28 October 2021 12:35
Sambutan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93, 28 Oktober 2021. (Tangkapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa tidak ada satupun manusia yang aman dari Covid-19, sampai semua benar-benar aman.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pidato peringatan Hari Sumpah Pemuda yang diselenggarakan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) secara virtual.

"Tidak ada yang aman dari Covid-19 sampai semua orang aman," kata Jokowi, Kamis (28/10/2021).


Jokowi mengemukakan pandemi Covid-19 telah mengajarkan umat manusia sebagai makhluk sosial yang tidak bisa berdiri secara individual.

"Makhluk yang hanya bisa selamat kalau semua diselamatkan. Pandemi mengajarkan kepada kita bahwa tidak ada yang bebas dari risiko Covid-19, sampai semua orang terbebas dari Covid," kata Jokowi.

Jokowi menegaskan upaya dalam mengatasi pandemi tidak bisa dilakukan sendiri. Menurutnya, pandemi juga mengajarkan kepada manusia tentang pentingnya saling membantu sesama lain.

"Kita harus menggunakan masker setiap saat, kita sakit kita harus mengisolasi diri. Hal ini bukan hanya agar kita tidak terkena Covid-19 dan bisa segera sembuh, tetapi itu harus kita lakukan agar kita tidak menularkan ke orang lain," tegasnya.

"Artinya, pandemi juga mengajarkan kepada moralitas dan etika tentang keseimbangan antara kebebasan individu dengan stabilitas sosial dan kepentingan bersama," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading