Internasional

Kim Jong Un Dikudeta Adik Sendiri di Korut? Ini Kata Korsel

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
27 October 2021 07:42
A man walks past a TV screen showing North Korean leader Kim Jong Un, in Tokyo, Wednesday, Sept. 15, 2021. North Korea fired two ballistic missiles into waters off its eastern coast Wednesday afternoon, two days after claiming to have tested a newly developed missile in a resumption of its weapons displays after a six-month lull. (AP Photo/Koji Sasahara)

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan mata-mata Korea Selatan (Korsel), NIS, mengklarifikasi isu kudeta yang terjadi ke pemerintahan Kim Jong Un di Korea Utara (Korut). Tetangga dekat "Negeri Petapa" itu mengatakan pemberitaan itu tak benar.

"Seorang pejabat pemerintah secara terpisah juga mengatakan laporan itu tidak benar," tulis Yonhap dikutip Rabu (27/10/2021).


Sebelumnya, Kim Jong Un disebut telah dikudeta adiknya sendiri, Kim Yo Jong. Hal ini dilaporkan sebuah media Amerika Serikat (AS) Globe, Senin (25/10/2021).

Peristiwa itu berlangsung antara 6 Mei dan 5 Juni. Laporan itu juga mengklaim sosok Kim Jong Un yang muncul dalam acara besar Korut beberapa hari ini adalah "Kim Jong Un palsu".

Media itu menunjukkan penurunan berat badannya sebagai bukti. Penampilan Kim Jong Un memang terlihat berbeda karena terlihat lebih kurus.

Sebenarnya, berita kudeta terus diangkat media sejak tahun lalu. Sebelumnya sang paman Kim Pyong Il juga dikatakan telah mengkudetanya meski ini kemudian dibantah.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading