Singapura Longgarkan Aturan Turis Asing, Warga RI Termasuk?

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
23 October 2021 21:00
(foto:visitsingapore.in)

Jakarta, CNBC Indonesia - Singapura akan kembali menerima wisatawan dari enam negara yang sebelumnya ditutup mulai Rabu besok. Pelonggaran ini dilakukan karena negara-negara tersebut terus melakukan penyesuaian penanganan Pandemi Covid-19.

Kementerian Kesehatan menyampaikan semua pelancong (tidak termasuk pengunjung jangka pendek) dengan riwayat perjalanan 14 hari ke Bangladesh, India, Myanmar, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka akan diizinkan masuk atau transit melalui Singapura, sebagaimana dilansir dari Straits Times, Sabtu, (23/10/2021).

Lebih lanjut disampaikan, pelonggaran juga berlaku bagi pelancong dari beberapa negara lain termasuk Malaysia dan Indonesia. Melalui keterangan resminya Kementerian menyebut telah meninjau situasi Covid-19 di Myanmar dan lima negara Asia Selatan yang sebelumnya ditutup.


Singapura akan menerapkan pembatasan yang ketat untuk pelancong dari negara-negara tersebut. Akan diterapkan stay-home notice (SHN) selama 10 hari di fasilitas khusus.

Dalam konferensi pers yang digelar Sabtu, Menteri Kesehatan Ong Ye Kung mengatakan situasi di negara-negara ini telah stabil untuk beberapa waktu. Tidak perlu lagi aturan ketat yang mencegah pelancong dari negara-negara datang ke Singapura.

Singapura mengklasifikasikan negara dan wilayah ke dalam empat kategori berdasarkan situasi dan profil risiko Covid-19 mereka. Dari tiap kategori ini langkah-langkah pembatasannya berbeda.

Pelancong dari tempat-tempat Kategori I - Hong Kong, Makau, Cina Daratan, dan Taiwan serta mereka yang datang dari negara-negara Kategori II dengan jalur perjalanan yang divaksinasi (VTL), hanya perlu tes polymerase chain reaction (PCR) pada saat kedatangan.

Semua pelancong dari negara Kategori II pada penerbangan non-VTL tidak perlu lagi menjalani tes PCR saat kedatangan, tetapi harus menjalani tes PCR keluar pada akhir SHN tujuh hari mereka.

Sementara wisatawan dari negara Kategori III dan IV juga tidak perlu lagi menjalani tes on-arrival PCR, tetapi harus mengikuti tes exit PCR di akhir SHN 10 hari mereka.

Kementerian Kesehatan mengatakan pelancong dari Malaysia dan Indonesia, bersama dengan orang-orang dari Kamboja, Mesir, Hongaria, Israel, Mongolia, Qatar, Rwanda, Samoa, Seychelles, Afrika Selatan, Tonga, Uni Emirat Arab (UEA) dan Vietnam, masuk menjadi negara dengan tindakan Kategori III.

Wisatawan dari wilayah Kategori III mulai hari Rabu menjalani SHN 10 hari mereka di tempat tinggal atau akomodasi yang mereka nyatakan. Terlepas dari status vaksinasi dan riwayat perjalanan wisatawan dan anggota rumah tangga mereka.

Selain melonggarkan pelancong masuk, Singapura juga akan memfasilitasi lebih banyak pekerja rumah tangga untuk masuk yang sudah di vaksin lengkap untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan pengasuhan rumah tangga setempat yang mendesak.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading