Internasional

Dulu Menang, Selandia Baru Cetak Rekor Tertinggi Kasus Covid

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
19 October 2021 14:36
Fans watch the New Zealand band Six60 perform at Eden Park in Auckland, New Zealand, Saturday, April 24, 2021. Six60 is being billed as the biggest live act in the world since the coronavirus pandemic struck after New Zealand stamped out the spread of the virus, allowing life to return to normal. On Saturday, the band played a remarkable finale to their latest tour, performing in front of 50,000 people at the first-ever concert at Auckland's Eden Park.(AP Photo/David Rowland)

Jakarta, CNBC Indonesia - Jumlah kasus infeksi Covid-19 harian di Selandia Baru mencapai rekor, meskipun dorongan vaksinasi gencar dilakukan. Sebanyak 94 kasus infeksi baru tercatat, Selasa (19/10/2021).

Jumlah ini melebihi rekor harian sebelumnya. Tetangga Australia itu sempat mencatat 89 kasus pada April 2020 lalu saat gelombang pertama infeksi Covid-19 menerjang negara tersebut.


Di sisi lain, sekitar dua pertiga dari populasi yang memenuhi syarat sekarang telah sepenuhnya diinokulasi di negara itu. Namun kasus infeksi terus berkembang sejak virus corona varian Delta yang sangat menular pertama kali ditemukan pada pertengahan Agustus lalu.

"Kami tahu bahwa vaksinasi sudah membuat perbedaan yang signifikan terhadap wabah di Auckland, tetapi begitu juga orang-orang yang mengikuti aturan," kata Perdana Menteri Jacinda Ardern kepada wartawan, dikutip dari AFP.

Sebelumnya Selandia Baru mendapat pujian luas atas tindakannya untuk menekan angka infeksi dengan melibatkan penguncian ketat, pelacakan kontak yang ketat, dan pembatasan pembatasan yang ketat. Langkah-langkah tersebut membuahkan hasil, dengan hanya 28 kematian dalam populasi lima juta.

Kehidupan rumah tangga di sana juga mendekati normal untuk waktu yang lama. Tapi Ardern mengakui varian Delta adalah "pengubah permainan", menyebar pada tingkat yang terlalu cepat untuk diikuti oleh pelacak kontrak.

Wabah, yang berpusat di kota terbesar Auckland, juga memaksa Ardern untuk membatalkan tujuan kebijakan intinya untuk menghilangkan virus demi meningkatkan upaya vaksinasi. Selandia baru kini memiliki total 5.153 kasus infeksi dan 28 kasus kematian sejak munculnya pandemi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tak Latah 'Damai dengan Covid', Selandia Baru Buka Diri 2022


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading