Riset Menemukan Prokes Covid-19 Bikin Penyakit Lain 'Hilang'

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
18 October 2021 21:12
Memakai Masker, Antisipasi Masuknya Virus Corona ke Indonesia. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa langkah-langkah pengetatan dan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 yang diberlakukan tak hanya menangkal manusia dari penyebaran virus corona. Prokes tersebut ternyata ampuh dalam mengekang penularan penyakit berbahaya lainnya.

Mengutip South China Morning Post, menurut penelitian ilmuwan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit provinsi dan Universitas Jinan, China, prokes dan pembatasan mobilitas saat pandemi juga ikut mencegah penyakit seperti demam berdarah, penyakit tangan-kaki-dan-mulut, dan influenza di wilayah Guangdong, China Selatan.

Para peneliti di Guangdong menemukan hampir 81% penurunan influenza pada tahun 2020 dibandingkan dengan rata-rata lima tahun sebelumnya untuk provinsi mereka yang berpenduduk 126 juta itu.


Selain itu, penyakit lain yang mengalami penurunan terbesar adalah demam berdarah, turun 98%, penyakit tangan-kaki-dan-mulut, turun 84%, demam berdarah, turun 80%, dan pertusis turun 64%.

"Studi kami menunjukkan bahwa beberapa [tindakan intervensi], seperti pembatasan perbatasan, karantina dan isolasi, manajemen komunitas, jarak sosial, penggunaan masker wajah, dan dorongan kebersihan pribadi, akan menjadi langkah yang sangat efektif untuk pencegahan dan pengendalian penyakit menular di negara-negara berkembang. masa depan," tulis para peneliti.

"Itu terutama untuk infeksi pernapasan seperti influenza, penyakit yang ditularkan melalui vektor seperti demam berdarah, dan penyakit usus, seperti penyakit tangan-kaki-dan-mulut," tambah mereka.

Epidemiolog Benjamin Cowling, seorang profesor Universitas Hong Kong yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan temuan ini menguatkan penelitian serupa yang pernah dilakukan sebelumnya.

"Ada banyak laporan tentang infeksi lain yang menghilang karena intervensi Covid, di seluruh dunia, tetapi ini cukup komprehensif menunjukkan dampak pada berbagai jenis infeksi," katanya.

Meski begitu, ilmuwan penulis penelitian tersebut memprediksi turunnya angka penyakit-penyakit menular itu juga mungkin diakibatkan oleh wabah Covid-19, dengan orang-orang yang tidak mau mencari bantuan medis karena kekhawatiran tentang virus dan institusi medis yang tidak beroperasi secara normal.

"Secara keseluruhan, penelitian ini menyoroti pentingnya"intervensi ini terhadap penyakit menular, dan menyarankan bahwa beberapa harus tetap menjadi prioritas untuk pengendalian penyakit menular pernapasan, serangga, dan usus di masa depan," tutup mereka.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading