Tanpa Booster! 3 Vaksin Covid-19 Ini Efektif Selama 8 Bulan

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
18 October 2021 14:47
FILE PHOTO: A woman holds a small bottle labeled with a

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah studi yang dipublikasikan New England Journal of Medicine mengungkap sebuah temuan baru terkait vaksin Covid-19.

Mengutip ABC News, Senin (18/10/2021). studi tersebut menyebut bahwa ada tiga jenis vaksin Covid-19 yang memiliki respons imun yang kuat, tanpa memerlukan booster vaksin.

Ketiga vaksin yang dimaksud adalah Pfizer, Moderna, dan Janssen atau Johnson & Johnson. Ketiga vaksin ini disebut-sebut menghasilkan perlindungan yang lebih lama hingga 8 bulan.


"Pada bulan ke 8, ketiga vaksin ini menghasilkan respons antibodi yang sebanding," kata Direktur Pusat Penelitian Virologi dan Vaksin di Beth Israel Deaconess Medical Center Dan Barouch, Senin (18/10/2021).

Sebagai informasi, vaksin Pfizer dan Moderna memang menggunakan platform mRNA. Sementara itu, Janssen menggunakan teknologi vektor virus.

Kedua teknologi ini memang dapat memicu berbagai jenis respons imun,

Studi ini selain mengamati antibodi juga membandingkan sel-T pada ketiga vaksin. Sel-T ini juga termasuk bagian yang penting dari sistem kekebalan dan mungkin menawarkan perlindungan yang lebih tahan lama.

"Respons sel-T kemungkinan berkontribusi pada perlindungan vaksin terhadap penyakit parah. Respons sel-T ini relatif stabil untuk ketiga vaksin selama 8 bulan," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Potret Prabowo Temani Jokowi Tinjau Vaksinasi Covid-19


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading