Ternyata Ini yang Bikin Avanza Balik Jadi Mobil Terlaris RI

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
15 October 2021 14:45
Avanza Veloz GR Limited (Dok. Toyota-Astra Motor)

Jakarta, CNBC Indonesia - Toyota Avanza menjadi mobil terlaris pada bulan September 2021 lalu dengan penjualan 7.531 unit. Mobil sejuta umat ini mengalahkan nama tenar lainnya seperti Mitsubishi Xpander yang hanya berada di posisi ke-7 dengan 4.027 unit, hingga menyingkirkan Honda Brio yang biasanya masuk daftar mobil terlaris, kini harus terlempar.

Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengungkapkan alasannya. Faktor pertama disebabkan karena pasar mulai recovery, dimana permintaan tumbuh dengan dukungan program relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Avanza menjadi salah satu mobil yang masuk ke dalam skema ini.

"Avanza sendiri dasarnya stabil ya memang terus jadi salah satu kontributor terbesar ya di Toyota setiap bulan nya. Kita ambil 3 bulan terakhir selalu menjadi kontributor terbesar Toyota dengan masing masing Juli 5.938 unit, Agustus 6.212 unit dan September 7.531 unit. Dan tetap menjadi market leader di segment Low MPV dengan rata rata Share di tas 40%," katanya kepada CNBC Indonesia, Jumat (15/10/21).


Kontribusi Avanza itu membawa Toyota terus menjadi pemimpin pasar Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia. Hingga September 2021, Toyota mencatatkan wholesales (penjualan pabrik ke diler) sebesar 207.881 unit atau market share 33,1%, sementara retail sales (penjualan diler ke konsumen) 197,241 unit (32,9%).

"Pasarnya naik di Qwartal 3 ini sebesar 85 ribu, dari sebelumnya di Quartal 1 kurang lebih 57 ribu lalu di kuartal 2 berada di angka 64 ribu," kata Anton.

Kenaikan penjualan secara simultan dari kuartal 1 hingga 3 menandakan bahwa pasar tumbuh positif. Anton menyoroti relaksasi PPnBM sangat berpengaruh besar. Pemerintah semula memberikan kebijakan ini sejak Maret hingga Mei, namun nyatanya terus berlanjut hingga akhir tahun.

"Nah dari beberapa faktor tersebut rasanya wajar ya kalau market nya naik, sementara Avanza memang masih menjadi favorit market ya jadi ikut naik juga secara volume, apalagi kita juga Agustus kemarin punya Veloz yang GR Limited Edition faktor ini juga bisa membantu peningkatan pencapaian," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Avanza Model Baru Bikin Geger, Bos Toyota Masih Rahasiakan


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading