Butuh Modal Usaha? Begini Cara Gadai BPKB di Pegadaian

News - rah, CNBC Indonesia
12 October 2021 20:00
Ilustrasi Emas Pegadaian. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Membuka dan mengembangkan usaha sendiri bukanlah langkah mudah, seringkali keinginan ini terhambat oleh minimnya modal. Salah satu alternatif mendapatkan modal yang bisa dilakukan yakni gadai BPKB kendaraan di Pegadaian. Cara untuk melakukan gadai BPKB di Pegadaian pun bisa dilakukan dengan mudah.

Salah satu produk Pegadaian yakni Kreasi/Gadai BPKB, yakni pinjaman yang diberikan kepada pengusaha mikro dan pengusaha kecil yang membutuhkan dana untuk keperluan pengembangan usaha.

Adapun cara gadai BPKB di Pegadaian yakni, menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Calon pemohon lalu bisa mendatangi kantor Pegadaian dan mengisi formulir pengajuan gadai.


Setelah itu pengajuan pinjaman Anda akan diproses oleh tim Pegadaian. Di Pegadaian setelah nasabah mengajukan permohonan pembiayaan usaha, tim dari Pegadaian melakukan verifikasi dokumen dan analisis usaha. Setelah itu, tim analisis akan melakukan survey tempat dan kondisi usaha serta agunan.

Jika persyaratan dan verifikasi telah disetujui, maka tim Pegadaian menentukan besaran pinjaman dan nasabah akan menerima uang pinjaman. Proses pencairannya akan berlangsung selama tiga hari.

Bagi yang ingin mengikuti cara gadai BPKB di Pegadaian ini, harus diingat dana yang disalurkan adalah untuk pengembangan usaha. Maka calon pemohon harus memiliki usaha UMK yang dibuktikan dengan legalitas usaha dalam bentuk SIUP, SITU, Surat keterangan usaha atas nama pemohon.

Kedua, memiliki kendaraan bermotor atas nama sendiri serta surat yang lengkap, dengan usia maksimal motor 15 tahun, dan mobil 20 tahun. Ketiga, memiliki legalitas berupa BPKB, STNK, faktur, dan kwitansi atas nama pemohon. Terakhir, menyertakan kartu keluarga, dan KTP dari pemohon.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading