Gempa Magnitudo 6,3 Guncang Lagi Pulau Kreta di Yunani

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
12 October 2021 19:22
Gempa M5,8 Guncang Crete Yunani. (AP/Harry Nakos)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bencana alam gempa kembali melanda pulau Kreta Yunani. Laporan Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) mengatakan kali ini gempa berkekuatan magnitudo 6,3 mengguncang pulau Kreta, Selasa (12/10/2021).

Laporan EMSC mengatakan gempa berada pada kedalaman 2 km. Beberapa sumber lain menyebutkan kekuatan gempa di 6,2 skala richter, sebagaimana dilaporkan The Associated Press.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada rincian lebih lanjut mengenai korban jiwa dan kemungkinan kerusakan di wilayah tersebut.


Gempa juga sempat mengguncang lokasi yang sama pada September kemarin. Dilansir dari Associated Press (AP News), gempa berkekuatan 5,8 skala richter itu menewaskan satu orang dan melukai 20.

Gempa ini juga merusak rumah dan gereja, serta menyebabkan longsoran batu di dekat kota terbesar keempat di negara itu.

Gempa tersebut membuat warga mengungsi ke jalan-jalan di kota Heraklion. Murid di sekolah juga dievakuasi. Gempa susulan berulang mengguncang daerah itu, menambah kerusakan di desa-desa dekat pusat gempa.

Institut Geodinamika Athena mengatakan gempa terjadi pada pukul 09:17 pagi waktu setempat, dengan pusat gempa 246 kilometer (153 mil) selatan tenggara ibukota Yunani, Athena.

Pejabat rumah sakit mengatakan 20 orang telah dirawat karena cedera, sepuluh di antaranya menerima pertolongan pertama.

Yunani terletak di salah satu bagian dunia yang paling aktif secara seismik, tetapi gempa kuat yang menyebabkan hilangnya nyawa atau kerusakan luas jarang terjadi. Pada tahun 1999, gempa bumi di luar Athena menewaskan 143 orang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gempa Banten Terasa Sampai Jakarta, Warga Panik!


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading