Zona Hijau Covid-19 RI Bertambah, Ada di 5 Provinsi Ini!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
12 October 2021 15:27
Pengunjung saat membeli makanan di Mall Summarecon Bekasi, Selasa (26/5). Pantauan CNBC Indonesia Summarecon Mall Bekasi hingga kini masih beroperasi secara terbatas imbas pandemi COVID-19. Hanya toko makanan dan farmasi yang buka di pusat perbelanjaan ini. Namun untuk gerai makanan tidak melayani makan di tempat. Usai Presiden RI Jokowi meninjau  mall Summarecon dalam waktu dekat siap beroperasi secara penuh karena kasus positif virus Corona di wilayah tersebut sudah landai dan dikategorikan zona hijau. Nantinya pengunjung mal bakal dibatasi hanya 50% dari kapasitas normal. Begitu pula dengan gerai-gerai yang ada di dalamnya, kapasitasnya hanya boleh 50% dari kondisi normal. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam beberapa pekan terakhir, perkembangan kasus Covid-19 di Tanah Air kian terkendali. Kini, zona hijau alias wilayah yang tidak memiliki kasus Covid-19 pun kembali bertambah.

Hal tersebut terungkap dalam Peta Zonasi Risiko Covid-19 terbaru yang dipublikasikan laman covid-19.go.id, seperti dikutip Selasa (12/10/2021). Ini merupakan data per 10 Oktober 2021.

Data ini merupakan hasil pembobotan skor dan zonasi risiko daerah yang diperbaharui secara mingguan. Adapun data ini sebelumnya diperbaharui pada 3 Oktober lalu.


Pada 3 Oktober lalu, zona hjiau berada di Pegunungan Arfak, Papua Barat, Intan Jaya, Papua, dan di Mankowari Selatan, Papua Barat, dan Kota Tuai, Maluku.

Kini, zona hijau kembali teridentifikasi di Kota Buru Selatan, Maluku.

Dalam empat minggu terakhir, Indonesia telah resmi terbebas dari zona merah alias wilayah berisiko tinggi Covid-19. Berdasarkan peta zonasi risiko, tak ada zona merah yang tersisa.

Hal tersebut tak lepas dari perkembangan kasus Covid-19 di tanah air yang semakin terkendali. Dalam sepekan terakhir, penambahan kasus per hari tak lebih dari 1.500 orang.

Kemarin, penambahan kasus Covid-19 turun cukup signifikkan. Konfirmasi kasus positif Covid-19 hanya bertambah 620 kasus. Jumlah ini mirip yang terjadi pada awal pandemi lalu sekitar Juni 2020.

Terlepas dari hal itu, sampai saat ini tidak ada daerah yang tidak pernah terdampak Covid-19. Ini menandakan, wabah tersebut sudah menghampiri seluruh wilayah Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Zona Hijau Covid-19 RI Bertambah 5 Provinsi, Kotamu Termasuk?


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading