Bukti Ini Tunjukkan Orang Kaya Jakarta Lagi pada 'Butuh Uang'

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
08 October 2021 10:20
Harley-Davidson Fat Boy (Tangkapan layar via Dion Darmawan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Fenomena orang kaya butuh uang dalam waktu cepat semakin terlihat saat ini. Banyak pemilik aset mahal rela menjual asetnya tersebut dengan harga miring.

Misalnya penjualan motor mewah bekas Harley Davidson semakin terlihat setelah pandemi hampir berjalan dua tahun. Banyak orang kaya yang membutuhkan uang cash hingga harus menjual motor Harley Davidson kesayangannya.

Mereka rela menurunkan harga hingga sangat murah agar asetnya tersebut bisa lebih cepat terjual, bahkan hingga di kisaran Rp 100 jutaan. Beberapa diantaranya bahkan mengaku sedang membutuhkan uang dalam kondisi saat ini.

"Harley Davidson Sportster 1200 Full custom chopper bobber HD tahun 2008 murah jual BU (butuh uang). Rp 135 juta, harga terbaik se OLX !" tulis penjual dilansir dari situs jual beli barang bekas OLX.

Pemilik mengklaim motornya memiliki kualitas untuk kontes, artinya terawat. Kemudian electric starter lancar, mesin pun kering, nggak ada rembes. Bukan hanya itu, penjual juga sekaligus menyerahkan motorcycle cover waterproof, dustproof dan tas selempang Harley Davidson.

Kemudian ada juga Harley Davidson 883 tahun 2007 dijual dengan harga Rp 158,7 juta. Dengan rincian odometer 13.000 an miles, ban tebal, shock belakang progressive, knalpot model VNH, lampu daymaker.

Ada juga Harley-Davidson Sportster 1200 Custom tahun 2008 dengan banderol Rp 165 juta. Pemilik mempersilakan peminat langsung datang ke lokasi untuk melihat unitnya secara langsung. Namun, bukan tidak mungkin harganya bisa turun karena pemilik ingin menjual secara cepat.

"Bismillah Dijual Cepat, Harley-Davidson Sportster 1200 Custom XL1200C Tahun 2008 VIN #5HD1, Odometer 11.100km, Full Accessories, LED Headlamp, Exhaust V&H;," jelasnya.

Harga Harley Davidson di kisaran harga Rp 100 jutaan tentu tergolong murah. Namun, itu bergantung pada kondisi setiap motor, baik dari segi kelistrikan, odometer, hingga cat.

Apalagi, harga Harley Davidson baru saat ini mencapai Rp 600 jutaan, misalnya Street Bob 114 yang baru keluar beberapa bulan lalu. Sementara Sportster Iron 883 di kisaran Rp 420 jutaan.

Selain itu, jam tangan mahal dengan banderol ratusan juta hingga miliaran mulai dijual orang kaya.

Salah satu merek jam tangan mahal yang paling banyak masuk daftar jual adalah Rolex. Banyak pemilik jam tangan ini yang menjual di situs jual beli barang bekas OLX, salah satunya penjual Rolex Submariner dengan tipe analog.

"Rolex Submariner Original Murah Jual cepat harga Rp 135 juta," tulis penjual

Selain itu, ada juga Rolex yang dijual di bawah Rp 100 juta. Pemilik mengklaim jam ini hanya diproduksi dengan edisi terbatas di dunia.

"Nego bebas special edition dim 47 mm manual dijamin asli, silahkan cek di time piece atau toko yg anda percaya, Cuma 1.936 pieces di dunia sangat langka," tulis penjual.

Kemudian Rolex Oyster Perpetual yang dijual dengan Rp 127,5 juta. Pemilik menurunkan banderol hingga setengah harga agar bisa cepat laku terjual.

Penjualan aset tersebut semakin melengkapi aset-aset yang dijual sebelumnya, yakni rumah.

Maraknya penjualan rumah mewah tidak hanya terjadi di kawasan elite macam Pondok Indah dan Menteng. Di selatan Jakarta, tepatnya di Jalan Andara, Jati Baru, Cinere, Depok, Jawa Barat, fenomena itu turut menular.

Meski tidak se-elite Pondok Indah dan Menteng, pamor kawasan itu naik seiring kehadiran figur publik Raffi Ahmad yang dikenal sebagai Sultan Andara maupun Gading Marten.

Namun, siapa sangka, banyak dari pemilik rumah di kawasan tersebut berniat menjual rumahnya. Bahkan, demi bisa lebih cepat terjual alias BU (butuh uang), mereka sengaja menurunkan harga. Salah satunya pemilik rumah di Green Andara Residence, kompleks yang sama dengan rumah Raffi.

"Dijual cepat termurah di bawah Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB). Harga butuh uang (BU), Green Andara Residence, harga PPJB Rp 2,78 miliar, harga jual Rp 2,6 miliar, nego, harga developer sudah Rp 3,3 miliar," tulis penjual dilansir dari rumah.com.

Spesifikasi rumahnya adalah luas tanah 108 m2 (7×15,5 meter), luas bangunan 120 meter persegi, kamar tidur 3+1, kamar mandi 2+1,car port1,semi furnished serta kanopi depan dan belakang. Namun, ada hal lain yang membuatnya lebih spesial.

"Satu komplek dengan rumah Raffi Ahmad dan Gading Marten wow....," tulis penjual.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading