Bersyukur... DKI Jakarta Catatkan Nol Kasus Kematian Covd-19!

News - Chandra G, CNBC Indonesia
08 October 2021 08:10
Sejumlah warga melewati Jalan Pintu Besar Utara yabg ditutup di kawasan Kota Tua, Jakarta, Rabu (13/1/2021). Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat menutup sejumlah ruas jalan menuju kawasan wisata Kota Tua selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di DKI Jakarta pada 11 Januari hingga 25 Januari 2021 untuk mencegah kerumunan. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)
Pantauan CNBC Indonesia kemacetan tidak terhindarkan kendaraan dari arah Harmoni menuju Jalan Pintu Besar Utara karena banyak pengguna jalan yang belum mengetahui penutupan jalur. 
Salah satu satgas Kota Tua yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemprov DKI mengungkapkan data terbaru perkembangan kasus Covid-19 per 7 Oktober 2021.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia memaparkan, berdasarkan data terkini Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dilakukan tes PCR sebanyak 21.642 spesimen.

Dari jumlah tes tersebut, sebanyak 18.395 orang dites PCR hari ini untuk mendiagnosis kasus baru dengan hasil 149 positif dan 18.246 negatif. Selain itu, dilakukan pula tes Antigen hari ini sebanyak 30.734 orang dites, dengan hasil 26 positif dan 30.708 negatif.

Lebih lanjut, Dwi juga menyampaikan, target tes WHO adalah 1.000 orang dites PCR per sejuta penduduk per minggu (bukan spesimen), artinya target WHO untuk Jakarta adalah minimum 10.645 orang dites per minggu. "Target ini telah Jakarta lampaui selama beberapa waktu. Dalam seminggu terakhir ada 120.920 orang dites PCR. Sementara itu, total tes PCR DKI Jakarta kini telah mencapai 602.148 per sejuta penduduk," terang Dwi, seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Adapun jumlah kasus aktif di Jakarta naik sejumlah 33 kasus, sehingga jumlah kasus aktif sampai hari ini sebanyak 1.701 (orang yang masih dirawat/ isolasi).

Sedangkan, jumlah kasus Konfirmasi secara total di Jakarta sampai hari ini sebanyak 858.771 kasus. Perlu diketahui, hasil tes antigen positif di Jakarta tidak masuk dalam total kasus positif karena semua dikonfirmasi ulang dengan PCR.

Dari jumlah total kasus positif, total orang dinyatakan telah sembuh sebanyak 843.529 dengan tingkat kesembuhan 98,2%, dan total 13.541 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 1,6%, sedangkan tingkat kematian Indonesia sebesar 3,4%.

Untuk positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 0,8%, sedangkan persentase kasus positif secara total sebesar 13,4%. WHO juga menetapkan standar persentase kasus positif tidak lebih dari 5%.

Dalam 24 jam terakhir dinyatakan nol (0) permintaan pelayanan pemakaman protap COVID-19 di DKI Jakarta. Berdasar data Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) Provinsi DKI Jakarta sejak pukul 18.00 tanggal 6 Oktober (Rabu) hingga pukul 18.00 tanggal 7 Oktober (Kamis), tidak ada permintaan pelayanan pemakaman dengan protap COVID-19.

Walau sudah divaksin, tetap jaga protokol kesehatan ketat di manapun

"Sebuah hari yang patut disyukuri. Alhamdulillah. Nol kematian di hari ini sama sekali bukan perayaan, karena pandemi jelas belum selesai. Ini adalah pengingat bahwa, atas izin Allah SWT dan atas ikhtiar kita semua, sebuah hari tanpa kematian COVID-19 adalah mungkin untuk dicapai," kata Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading