Perhatian! Batal Turun, Tarif PPh Badan Tetap 22% Tahun Depan

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
07 October 2021 17:40
INFOGRAFIS, Shortfall Pajak 2019, Terbesar Sepanjang Sejarah?

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memutuskan tarif Pajak Penghasilan (PPh) Badan tetap 22% di tahun 2022. Padahal sebelumnya, tarif pajak bagi perusahaan direncanakan turun menjadi 20% mulai tahun depan.

Hal ini tertuang dalam UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan yang telah disahkan dalam rapat Paripurna DPR RI siang tadi.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, menyebutkan tarif PPh badan sudah diturunkan dari 25% ke 22% di tahun ini dan dengan berbagai pertimbangan, tarif PPh Badan akan tetap sama tahun depan.


Pertimbangannya sejalan dengan tren perpajakan global yang juga mulai menaikkan penerimaan terutama dari PPh Badan.

"Dengan tetap mempertimbangkan menjaga iklim investasi, maka tarif PPh Badan tetap akan sebesar 22% untuk tahun pajak 2022 dan seterusnya," ujarnya di Gedung DPR RI, Kamis (7/10/2021).

Meski tarif PPh Badan tidak jadi turun ke 20%, ia memastikan tarif 22% ini masih lebih rendah dibandingkan dengan negara lainnya. Baik di antara negara ASEAN bahkan hingga diantara negara G20.

"Tarif ini lebih rendah dibandingkan dengan tarif PPh Badan rata-rata negara ASEAN (22,17%), negara-negara OECD (22,81%), negara-negara Amerika (27,16%), dan negara-negara G-20 (24,17%)," jelasnya.

Selain itu, dalam UU HPP ini, pemerintah juga memberikan payung hukum untuk penerapan pencegahan penggerusan basis pemajakan dan pergeseran laba (GloBE) bagi perusahaan multinasional. Ini sebagai implementasi kesepakatan perpajakan internasional dalam rangka mencegah dan mengatasi Base Erosion and Profit Shifting (BEPS).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Rencana Besar Sri Mulyani: Pajaki Orang Kaya & Naikkan PPN


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading