Wapres: Herd Immunity Covid-19 Tercapai Pertengahan 2022

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
06 October 2021 15:52
Wakil Presiden (Wapres)  Ma’ruf Amin (Dok. Setneg)

Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Presiden Maruf Amin mengemukakan kekebalan komunal (herd immunity) di Indonesia baru akan tercapai pada pertengahan 2022 mendatang.

Berbicara dalam sebuah seminar, Maruf Amin mengatakan perkiraan tersebut tak lepas dari cakupan vaksinasi nasional yang saat ini masih terbilang rendah.

"Masih diperlukan kerja keras untuk mencapai herd immunity 70% cakupan vaksinasi pertama dan kedua," kata Maruf Amin, Rabu (6/10/2021).


Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan, rata-rata vaksinasi per minggu baru mencapai 1,4 juta. Dengan angka tersebut, maka diperkirakan target 70% vaksinasi untuk mencapai herd immunity baru tercapai 2022.

"Diperkirakan masih dibutuhkan tujuh bulan dari sekarang, atau sekitar pertengahan 2022 untuk mencapai cakupan [vaksinasi] 70%," kata Maruf.

Maruf memandang, untuk mendapatkan herd immunity di akhir tahun, maka kecepatan vaksinasi harus ditingkatkan menjadi 2,5 juta vaksinasi per hari.

Pernyataan Maruf Amin sendiri berbeda dibandingkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam berbagai kesempatan, Jokowi kerap menargetkan herd immunity pada akhir tahun.

"Semakin banyak yang sudah divaksinasi di seluruh Tanah Air Indonesia sehingga di akhir tahun nanti lebih dari 70% masyarakat sudah divaksinasi," kata Jokowi saat meninjau vaksinasi pada bulan lalu.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading