Fenomena Orang Kaya Obral Vila Hingga Brompton Harga Covid

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
04 October 2021 10:17
Pekerja memeriksa sepeda lipat brompton yang dijual di SpinWarriors, Tangerang Selatan, Kamis (15/9/2021). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto))

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi yang sudah terjadi selama lebih dari 1,5 tahun terakhir ini memaksa banyak orang kaya untuk menjual aset-aset berharganya, mulai dari properti hingga barang berjalan seperti sepeda Brompton.

Dari properti, vila menjadi salah satu yang paling banyak dijual, salah satu paling banyak terjadi di wilayah Puncak Bogor. Pemilik rela menurunkan harga hingga terdalam agar asetnya bisa terjual dengan cepat. Salah satunya vila di Cisarua yang terdiri dari 3 vila dan gedung serbaguna.

"Murah harga Covid vila Cisarua 4705m2," tulis penjual dilansir dari rumah.com, Senin (4/10/21).

Pemilik menawarkan banderol Rp 6,5 miliar dengan luas bangunan mencapai 2000m2. Lokasinya berjarak 250 m dari jalan raya.

Dijual Villa di Kawasan Megamendung Puncak. (Ist Lamudi/Lili Suwali)Foto:  Salah Satu Villa dijual di Kawasan Megamendung Puncak. (Ist Lamudi/Lili Suwali)



Sementara itu, dengan budget lebih besar, maka bisa memilih vila lain yang juga di Puncak, namun lebih besar karena bersifat vila komplek. Fasilitasnya terdiri dari 6 vila.

Vila utama luasnya 700m2 terdiri dari 2 lantai, 7 Kamar tidur serta 5 Kamar mandi. Sementara vila paviliun terdiri dari 5 bangunan villa masing-masing Luas 108 M², 3 Kamar tidur, serta 2 Kamar mandi,

Fasilitas lainnya terdiri dari 2 kolam renang serta 2 gazebo besar untuk family gathering dan gazebo kecil. Selain itu, tersedia juga lapangan futsal dan play ground. Luas tanah 8400m2 dan luas bangunan vila total 1240m2. Penjual mengklaim pendapatan rata-rata bulanan Rp 60 juta/bulan.

"BU Villa Komplek Termurah Di Puncak Cisarua, Sertifikat Hak Milik (SHM) harga Rp 15,5 miliar, nett Rp 15,3 miliar," tulis penjual.

Namun, dengan budget terbatas maka pilihannya bisa mengarah pada vila yang lebih kecil, yakni luas tanah 200m2 dan luas bangunan 150m2, kemudian 4 kamar tidur dan 3 kamar mandi. Harganya Rp 900 juta, namun tetap memiliki carport 2 mobil hingga taman belakang dan depan. Selain itu, investor juga bakal mendapatkan paket lengkap karena full furnish.

Selain itu, ada juga sebuah vila 2 lantai yang berlokasi di komplek vila puncak resort yang dijual dengan harga Rp 880 juta. Namun, pemilik masih membuka ruang untuk negosiasi.

Fasilitasnya terdiri 4 kamar tidur dan 3 kamar mandi, serta listrik 2200 watt serta air tanah. Luas tanah 200m2 dan luas bangunan 150m2. Sedangkan legalitas Sertifikat Hak Milik (SHM).

Tidak ketinggalan, Brompton juga ikut menjadi aset yang dilego. Di beberapa situs jual beli online, harga sepeda bekas Brompton saat ini sudah sangat rendah, bahkan ada yang menyentuh belasan juta. Salah satunya adalah Brompton yang dijual dengan harga Rp 6,995 juta. Namun, pemilik tidak menerima nego dengan harga tersebut.


Pekerja memeriksa sepeda lipat brompton yang dijual di SpinWarriors, Tangerang Selatan, Kamis (15/9/2021). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto))Foto: Pekerja memeriksa sepeda lipat brompton yang dijual di SpinWarriors, Tangerang Selatan, Kamis (15/9/2021). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto))



"16 inch 6 speed, lengkap toolkit dan manual book, fungsi normal, siap gowes, COD rumah ya di Pancoran, JNE n Go Send by request," tulis penjual dilansir dari Olx.

Kemudian pilihan lain bisa mengarah pada Brompton neobike M3R tahun 1997 yang dibanderol Rp 19 juta. Namun, pemilik mengakui bahwa ada part yang tidak ori serta lecet pemakaian.

Selain itu, ada juga sepeda Brompton M3L second yang dijual Rp 22,5 juta. Pemilik mengklaim unitnya masih tergolong bagus untuk sepeda second.

Namun, jika memiliki bujet lebih dan menginginkan sepeda lebih bagus, pilihannya mengarah pada Sepeda Brompton Black M1E 2019 single speed, harganya Rp 26 juta.

"Steel Frame Black, M type Handlebar, Schwalbe Marathon Tyres, Brompton Saddle, Brompton Mudguards, Brompton Folding Pedals on left. Both Aluminum Pedals. Mulus seperti baru," tulis penjual.


[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading