Avanza Terbaru Terkuak! Lebih Canggih, Tak Penggerak Belakang

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
30 September 2021 19:07
Avanza Veloz GR Limited (Dok. Toyota-Astra Motor)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kehadiran Toyota Avanza baru menjadi penantian banyak orang. Teka-teki kemunculannya pun mulai nampak. Salah satu pelaku di diler mengonfirmasi bahwa Avanza baru segera meluncur, pemesanan pun sudah dibuka dari saat ini.

"Jadi berubah bentuk semuanya. Bocorannya Avanza baru ini bentuknya berubah, penggeraknya berubah ke depan jadi sudah nggak pakai roda penggerak belakang lagi," kata kata Wiraniaga Toyota di Jakarta yang enggan disebutkan namanya, kepada CNBC Indonesia, Kamis (30/9/21).

Sistem penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD) artinya terpisah dengan sistem kemudi di roda depan. Sementara sistem penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD) artinya mesin dan transmisi/transaxle dihubungkan langsung ke roda dengan menggunakan 'drive shaft'.


Salah satu keunggulan yang dimiliki mobil dengan penggerak ke depan adalah tenaga lebih responsif dan mesin lebih hemat dalam konsumsi bahan bakar. Pasalnya komponen dari mesin/transmisi ke roda belakang sangat pendek. Alhasil, saluran tenaga dari mesin bisa lebih lancar dan tidak banyak hambatan. Namun, penggerak belakang dianggap lebih unggul pada medan tanjakan.

"Roda penggerak ke depan, fitur tertinggi dikasih fitur safety sense, jadi lebih bagus," katanya.

Fitur Toyota Safety Sense dilengkapi dengan teknologi kamera serta sensor laser dengan 4 sistem kerja, yakni Pre-Consillion System, Lane Departure Alert, Automatic High-beam, dan Road Sign Assist. Tujuannya mampu memberikan peringatan dini kepada pengemudi hingga membaca tingkat cahaya di depan dan memindai kendaraan dari lawan arah.

Fitur ini sebelumnya sudah ada di Toyota Raize tipe tertinggi. Jika Avanza tipe tertinggi juga bakal mendapatkan fitur ini, maka mengarah pada tipe 1.5 Q CVT TSS.

Jika berminat, penggemar mobil sejuta umat ini bisa memesan ke diler terdekat. Jika masih mendapatkan di awal pembelian maka kemungkinan tetap mendapatkan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Sementara jika memesan di akhir bisa dapat di tahun depan, apalagi menjelang awal tahun biasanya ada kenaikan harga.

"Jadi ada info launching Oktober atau November, kemungkinan unit masuk November, tetap masih kena PPnBM 100%, tetap sama. Sebagai gambaran, Avanza tipe G Matic harganya Rp 220 juta. Yang baru biasanya ada kenaikan perubahan. Info bocorannya nanti dibuat safety sense tipe tertingginya," ujarnya.

Pihak Toyota Astra Motor (TAM) selaku penjual, memang masih tutup mulut soal Avanza terbaru ini. "Saya belum bisa komen untuk produk baru ya," kata Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi kepada CNBC Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading