Bebas Covid-19, Ini Dia Wilayah yang Masuk Zona Hijau di RI!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
30 September 2021 08:10
Warga mengenakan masker di Kawasan Kampung Rawa Pasung RW 022, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (28/7/2020).

Lokasi yang berbatasan dengan Jakarta Timur ini , kampung rawa pasung bekasi ini dikenal sebagai wilayah zona hijau sejak awal pandemi Maret lalu.

Beragam mural berisi pesan kepatuhan terhadap protokol kesehatan menghiasi gang sempit di kawasan hunian padat tersebut.

Warga sukarela memberikan paket sembako gratis bagi warga lain yang membutuhkan dan menyediakan ruang isolasi mandiri untuk yang terkena Covid-19.

Pak Soleh selaku ketua RW mengklaim bahwa kampung tersebut 0 positif Corona dan masuk zona hijau.

Jakarta, CNBC Indonesia - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat penambahan daerah yang berstatus zona hijau alias tidak ada kasus Covid-19.

Berdasarkan peta zonasi risiko Covid-19 terbaru di laman covid.go.id, seperti dikutip CNBC Indonesia, Rabu (22/9/2021), daerah yang tidak memiliki kasus Covid-19 bertambah satu daerah.


Jika sebelumnya zona hijau hanya berada di Pegunungan Arfak, Papua Barat, kini bertambah di Intan Jaya, Papua.

Sementara itu, kini tak ada lagi wilayah yang masuk kategori risiko tinggi alias zona merah di seluruh wilayah Indonesia. Pada pekan lalu, zona merah memang tersisa satu wilayah yaitu di Aceh, Kota Banda Aceh.

Pada dua pekan sebelumnya, zona merah mencapai lima wilayah.

Dalam beberapa minggu terakhir, perkembangan kasus Covid-19 di tanah air telah terjadi perbaikan yang cukup signifikkan, yang akhirnya berdampak pada penurunan zona risiko tinggi.

Pada 29 Agustus 2021 lalu, zona merah di Indonesia masih mencapai 15 kabupaten kota. Sebelumnya pada 22 Agustus lalu, zona merah masih tersebar di 53 wilayah.

Adapun wilayah risiko sedang alias zona oranye kini hanya tersisa 31 wilayah. Dalam dua minggu terakhir, zona oranye mengalami penurunan dari 181 wilayah menjadi 89 wilayah.

Sementara wilayah risiko rendah alias zona kuning juga semakin bertambah menjadi 481 wilayah dari pekan sebelumnya yaitu 423 wilayah. Dua minggu sebelumnya, zona oranye masih berada di 327 wilayah.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading