Jatim, Aceh & Jateng Dapat Rapor Merah dari Sri Mulyani!

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
23 September 2021 15:25
Infografis/ Dukungan APBN untuk PPKM Darurat Dan Penanganan Kesehatan/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan masih banyak daerah yang memiliki dana simpanan lebih tinggi dibandingkan biaya operasional selama tiga bulan ke depan. Bahkan ada yang nilai simpanannya hampir mencapai Rp 10 triliun lebih tinggi dari belanja operasional tiga bulannya.

Oleh karenanya, ia berharap agar Pemda lebih mengoptimalkan belanjanya, terutama untuk penanganan pandemi Covid-19. Sehingga dana yang tersimpan hanya sebatas biaya operasional tiga bulannya.


"Tentunya kita berharap pemanfaatan kas di daerah untuk dioptimalkan," ujarnya dalam konferensi pers APBN KiTa secara virtual, Kamis (23/9/2021).

Setidaknya ada tiga daerah yang memiliki selisih dana simpanan lebih tinggi dari biaya operasional tiga bulannya. Ketiganya adalah Jawa Timur selisihnya Rp 9,9 triliun, Aceh selisihnya Rp 4,3 triliun dan Jawa Tengah selisihnya Rp 4,2 triliun.

Sementara itu, ada juga daerah yang memiliki dana simpanan setara dengan belanja operasional tiga bulan atau di bawahnya. Artinya, daerah ini sudah menggunakan anggaran dengan baik kepada masyarakatnya.

Tiga daerah yang memiliki simpanan di bawah biaya operasional tiga bulan adalah DKI Jakarta minus Rp 2,5 triliun, Lampung minus Rp 1,1 triliun dan Nusa Tenggara Barat (NTB) minus Rp 900 miliar.

"Tentunya kita berharap semua daerah biaya operasionalnya bisa di atas dana simpanannya. Karena jika dana simpanannya lebih rendah maka artinya anggarannya sudah digunakan." tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Begini Parahnya Pemda: Rp 385 Triliun Cuma Buat Gaji PNS!


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading