Iriana Jokowi: Ayo Beli Produk UMKM Indonesia!

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
23 September 2021 15:10
Presiden Joko Widodo dan Ibu Hj. Iriana Joko Widodo tiba di Istana Merdeka. Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Lampung, sementara Ibu Negara mengenakan busana nasional dengan kain songket. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 membuat sebagian usaha-usaha masyarakat atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) 'sekarat'. Namun, ada beberapa UMKM yang mampu bertahan dan tumbuh menjadi lebih baik.

Oleh karena itu, UMKM diharapkan bisa bertransformasi secara kualitas dan kuantitas, sehingga bisa melebarkan usahanya hingga mancanegara.


Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan pembukaan Puncak Karya Kreatif Indonesia 2021 secara daring, Kamis (23/9/2021).

"Sudah saatnya UMKM bertransformasi menjadi kekuatan ekonomi baru dengan meningkatkan kapasitas UMKM," jelas Iriana.

Dalam meningkatkan kapasitas UMKM, kata Iriana bisa dilakukan dengan berbagi cara. Misalnya menyelenggarakan berbagai pelatihan seperti digitalisasi kewirausahaan, bisnis coaching, kemampuan membangun relasi bisnis, dan showcasing produk-produk UMKM.

Peluang UMKM di tanah air, kata Iriani untuk tumbuh besar dan maju terbuka sangat luas. Pasalnya Indonesia memiliki 270 juta penduduk yang bisa dijadikan target pasar penjualan. Dari pasar internasional, peluang untuk memperjualkan produk UMKM juga terbuka semakin luas.

"Pemanfaatan ruang-ruang virtual untuk permusikan dan memasarkan produk dapat memperluas jangkauan pengenalan produk-produk UMKM kita," ungkap Iriana.

Di masa yang akan datang, lanjut Iriana UMKM harus terus didorong agar memiliki orientasi dan pengetahuan luas mengenai ekspor.

Pada kesempatan itu, Iriana pun mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk semakin bangga pada produk-produk asli dalam negeri.

"Semakin banyak pembeli menggunakan produk-produk Indonesia agar UMKM kita mampu melewati situasi yang berat ini. Agar masyarakat yang bekerja di UMKM tetap memperoleh penghasilan," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading