Percayalah! Ini Bukti Covid-19 di Indonesia Makin Terkendali

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
22 September 2021 11:36
covid.co.id

Jakarta, CNBC Indonesia - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat penambahan daerah yang berstatus zona hijau alias tidak ada kasus Covid-19.

Berdasarkan peta zonasi risiko Covid-19 terbaru di laman covid.go.id, seperti dikutip CNBC Indonesia, Rabu (22/9/2021), daerah yang tidak memiliki kasus berada Covid-19 bertambah satu daerah.

Jika sebelumnya zona hijau hanya berada di Pegunungan Arfak, Papua Barat, kini bertambah di Intan Jaya, Papua.


Sementara itu, kini tak ada lagi wilayah yang masuk kategori risiko tinggi alias zona merah di seluruh wilayah Indonesia. Pada pekan lalu, zona merah memang tersisa satu wilayah yaitu di Aceh, Kota Banda Aceh.

Pada dua pekan sebelumnya, zona merah mencapai lima wilayah.

Pada 29 Agustus 2021 lalu, zona merah di Indonesia masih mencapai 15 kabupaten kota. Sebelumnya pada 22 Agustus lalu, zona merah masih tersebar di 53 wilayah.

Adapun wilayah risiko sedang alias zona oranye kini hanya tersisa 31 wilayah. Dalam dua minggu terakhir, zona oranye mengalami penurunan dari 181 wilayah menjadi 89 wilayah.

Sementara wilayah risiko rendah alias zona kuning juga semakin bertambah menjadi 481 wilayah dari pekan sebelumnya yaitu 423 wilayah. Dua minggu sebelumnya, zona oranye masih berada di 327 wilayah.

Dalam beberapa minggu terakhir, perkembangan kasus Covid-19 di Tanah Air memang semakin terkendali. Kasus harian yang sempat menembus angka di atas 50.000 kasus, kini sudah di bawah 5.000 kasus per hari.

Indonesia sendiri disebut sebagai salah satu negara yang berhasil dalam menangani pandemi Covid-19 karena mampu menurunkan kasus hingga 58% hanya dalam kurun waktu dua minggu.

Meski demikian, kondisi saat ini masih jauh dari kata stabil. Pemerintah diminta untuk tetap mewaspadai lonjakan baru terutama dari varian baru Covid-19.

Masyarakat pun diimbau untuk tetap disiplin pada protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi Covid-19 agar segera tercipta kekebalan komunal (herd immunity).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Dia Wilayah yang Masuk Zona Hijau, Tak Ada Kasus Covid-19


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading