Pertamax Turbo & Pertamina Dex Naik, Pertalite Cs Aman?

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
21 September 2021 14:10
Petugas mengisi Bahan Bakar Minyak pada kendaraan di salah satu SPBU dikawasana Cikini, Jakarta Pusat, Senin (2/4/2018).

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Pertamina (Persero) menaikkan harga dua produk Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi mulai 18 September 2021. Dua produk tersebut yakni bensin Pertamax Turbo dengan Research Octane Number (RON) 98 dan solar Pertamina Dex dengan Cetane Number 53.

Setelah Pertamax Turbo dan Solar Pertamina Dex naik, bagaimana dengan BBM produk lain seperti Pertalite, Pertamax dan lainnya? apakah akan mengalami kenaikan juga?

Menjawab hal ini Putut Andriatno, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Subholding Trading & Commerce Pertamina, mengatakan keputusan perubahan harga ada di pihak manajemen. Untuk sementara ini menurutnya kenaikan harga baru diputuskan untuk dua produk BBM ini saja.


"Keputusan yang keluar dari manajemen untuk dua produk tersebut," ungkapnya kepada CNBC Indonesia, Selasa (21/09/2021).

Sementara untuk BBM produk lainnya menurutnya saat ini masih dilakukan kajian, sehingga belum ada keputusan apakah akan ada penyesuaian harga atau tidak.

"Dan produk yang lain masih dalam proses kajian oleh tim," lanjutnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, setiap keputusan yang diambil untuk melakukan penyesuaian harga terlebih dahulu dikaji oleh tim harga dan akan diputuskan oleh tim manajemen.

"Saat ini keputusan manajemen menyesuaikan harga untuk produk Pertamax Turbo dan Pertamina Dex," ujarnya.

Dia mengatakan, Pertamina tidak melakukan penyesuaian harga lebih dari 1,5 tahun.

"Pertamina tidak melakukan penyesuaian harga sudah lebih dari 1,5 tahun," imbuhnya.

Mengutip keterangan keterangan resmi Pertamina, perseroan melakukan penyesuaian harga BBM dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Khusus di DKI Jakarta dan Pulau Jawa, harga Pertamax Turbo yang sebelumnya dipatok Rp 9.850, kini naik menjadi Rp 12.300 per liter. Sementara Pertamina Dex naik dari Rp 10.200 menjadi Rp 11.150 per liter.

Begitu pun dengan daerah lainnya di luar Jawa, di mana harga Pertamax Turbo rata-rata naik menjadi kisaran Rp 12.500 - Rp 12.700 per liter dari sebelumnya di kisaran Rp 10.050 - Rp 10.250 per liter.

Sementara harga Pertamina Dex di luar Pulau Jawa naik menjadi di kisaran Rp 11.350 - Rp 11.550 per liter dari sebelumnya Rp 10.450 - Rp 10.650 per liter.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading