Pesan Khusus Jokowi Untuk Pengusaha Mebel RI

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
20 September 2021 14:46
Presiden Joko Widodo terima Perhimpunan Insan Perunggasan dan Peternak Ayam Petelur, 15 September 2021. (Biro Pers Sekretariat Presiden/ Lukas)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pagelaran Indonesia Furniture Expo (IFEX) Virtual Showroom 2021 secara daring, Senin (20/9/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengemukakan forum ini merupakan arena strategis bagi para produsen mebel baik di hulu, hilir, sampai dengan para calon pembeli.

"Bukan hanya di antara para pelaku nasional, tapi juga para pelaku di tingkat global. Bukan hanya untuk bertemu, tetapi yang lebih penting adalah transaksi," kata Jokowi.


Jokowi mengemukakan pasar dunia saat ini sudah tak lagi tersekat. Pameran berskala internasional diperlukan, dan Indonesia menjadi arena yang tepat.

"Karena Indonesia kaya bahan baku, kaya di karya seni, dan sangat besar kemampuan pasarnya," jelasnya.

Jokowi berpesan kepada para pelaku industri mebel Tanah Air agar meningkatkan daya saing di pasar global. Tak melulu kualitas produksi, melainkan juga nilai yang diemban saat proses produksi.

"Kita harus berkomitmen dalam pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan, yang renda karbon, dan inklusif," jelasnya.

"Penyediaan bahan baku harus menjaga keberlanjutan hutan, proses produksi harus rendah karbon, manfaat ekonominya harus dirasakan oleh masyarakat lapis bawah. Itulah titipan saya kepada para pelaku industri permebelan. Semangat tersebut harus dipegang teguh, karena skema pembiayaan dan pasar pun akan semakin mempersyaratkan semangat pembangunan berkelanjutan," tegas Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading