Gegara Bentangkan Poster ke Jokowi, Peternak Masuk Istana!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
15 September 2021 18:18
Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta, CNBC Indonesia - Suroto mungkin awalnya tak menyangka bisa bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Setelah membentangkan poster ke arah Jokowi dan sempat diamankan aparat di Blitar Jawa Timur, Suroto kini justru bertemu dengan kepala negara. Bahkan, Suroto tak sendiri karena pertemuan juga melibatkan para peternak lainnya.

Pertemuan antara Jokowi, Suroto dan peternak lainnya sendiri berlangsung tertutup. Usai bertemu, pria tersebut menceritakan pertemuannya dengan Jokowi.


"Kalau ndak ada kamu yang membentangkan poster, saya ndak akan tahu kondisi di bawah karena laporan anak buahnya ndak nyampe ke atas," kata Suroto menirukan percakapannya dengan Jokowi, Rabu (15/9/2021).

Pada pekan lalu, Suroto memang membentangkan poster bertulisan "Pak Jokowi, Bantu Peternak Jagung dengan Harga Wajar. Telur Murah". Poster tersebut terbentang kala Jokowi melintas di Jalan Moh Hatta, Blitar.

"Saat bertemu, saya meminta maaf pada pak Jokowi atas apa yang telah saya lakukan dengan membentangkan poster," katanya,

Suroto mengaku tak menduga poster tersebut akhirnya membawanya bersama peternak lain bertemu Jokowi. Suroto mengakui, poster tersebut dibentangkan hanya sebagai bentuk aspirasi.

"Saya ndak berpikir seperti itu. Ketua koperasi sudah mencoba untuk koordinasi dengan dinas perdagangan, dinas pertanian setempat, minta audiensi, hearing sama Kementan, tapi yang menemui cuma dirjen PKH-nya. Jadi, Ndak bisa memberikan solusi, sedangkan kita terjepit posisinya. Usaha itu Ndak bisa jalan," jelasnya.

"Kita produksi telur saja seumpama 100% itu masih rugi. Sedangkan telur enggak bisa keluar, numpuk di kandang itu. Makanya saya punya inisiatif. Kalau saya ndak nekat membentangkan poster, ini pasti ndak akan ditanggapi. [...] Tidak ada tendensi politik apa-apa ini. Murni saya sebagai peternak mandiri," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading