Luhut: PPKM Tak akan Berakhir, Sampai Covid Terkendali!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
13 September 2021 21:25
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan memberi keterangan pers update penanganan Covid-19. (Tangkapan Layar Youtube Perekonomian RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menjawab pertanyaan dari banyak pihak, terkait kapan penerapan aturan PPKM Leveling ini berakhir.

"Arahan Presiden, perintah kepada kami kita tidak akan mengakhiri PPKM ini sampai betul-betul Covid - 19 ini terkendali. Karena PPKM ini salah satu alat kita yang paling penting," kata Luhut dalam konferensi pers PPKM, Senin (13/9/2021).

Luhut menegaskan pemerintah akan terus memberlakukan aturan PPKM ini di wilayah Jawa dan Bali, maupun luar kedua pulau itu. Dimana evaluasi dilakukan setiap minggu untuk menekan lajur kasus konfirmasi.


"Kita tidak akan mengulangi kejadian yang sama. PPKM ini adalah alat kita untuk memonitor," kata Luhut.

Untuk diketahui dalam perpanjangan PPKM Jawa dan Bali sampai 20 September 2021, ada beberapa wilayah yang mengalami penurunan hingga peningkatan kasus. Hal ini disebabkan tren perbaikan yang signifikan dari angka penularan kasus yang turun mencapai 93% dari puncak kasus 15 Juli lalu. Sehingga jumlah kasus sudah turun di bawah 100 ribu per hari.

Makanya dalam penerapan PPKM yang dari sepekan terakhir, pemerintah menurunkan provinsi Bali menjadi level 3, sehingga dari 11 kabupaten/kota level 4 saat ini hanya 3 kota/kabupaten saja.

"Ini merupakan buah hasil dari kerja sama semua pihak yang telah bersama-sama berhasil menahan kondusifitas pemberlakuan PPKM," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Luhut: PPKM Cukup Menggembirakan, Ada Penurunan Kasus 59%


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading