Terungkap! Curhatan Para Bankir Top ke Jokowi, Bahas NPL

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
08 September 2021 16:04
Pernyataan Presiden Joko Widodo tentang Perkembangan PPKM Terkini, Istana Merdeka. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan secara tertutup bersama para bankir Tanah Air di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Pertemuan tersebut digelar, beberapa jam setelah kepala negara melakukan pertemuan serupa bersama kalangan pengusaha nasional. Pertemuan dengan pengusaha pun berlangsung tertutup.

Dalam pertemuan ini, para bankir menyampaikan usulan kepada Jokowi. Salah satunya, yang berkaitan dengan skema pencadangan bank untuk menjaga likuiditas.


"Ada usulan dari perbankan terkait dengan pencadangan terhadap NPL [non performing loan]," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai pertemuan.

Airlangga mengatakan skema pencadangan tersebut akan diformulasikan lebih detail. Pasalnya, hal ini berkaitan langsung dengan pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) dan perpajakan.

"Selama ini ada beberapa bank rata-rata secara nasional sudah sekitar 150%. Namun, pencadangan ini perlu diformulasi antara standar akuntingnya yaitu berbasis PSAK dan perpajakan," katanya.

"Karena perbedaan pencadangan ini berakibat terhadap pembayaran perhitungan pajak. Dan Presiden meminta ini untuk dibahas lebih lanjut," jelasnya.

Jokowi, kata Airlangga, juga sempat menyinggung masalah yang ada di Perhimpunan Bank Negara (Himbara), khususnya yang berkaitan langsung dengan nasabah UMKM,

"Untuk UMKM akibat bencana dari perbankan bisa dihapus bukukan. Namun di bank pemerintah tidak bisa menghapus tagih. Akibatnya, UMKM yang terlibat itu tidak bisa diputihkan. Ini presiden minta ditindaklanjuti," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading